Find Us On Social Media :

Meski Menantang, PJJ Beri Peluang bagi Guru untuk Tingkatkan Kompetensi

By Nana Triana, Jumat, 26 November 2021 | 15:55 WIB

Guru memiliki peran penting dalam pemulihan pendidikan.

Intisari-online.com – Pandemi Covid-19 tidak hanya memberi tantangan di sektor kesehatan dan ekonomi, tetapi juga pendidikan.

Kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan secara tatap muka. Sementara, secara kualitas, pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak seoptimal pembelajaran tatap muka (PTM).

Sepanjang pandemi berlangsung, learning loss atau kehilangan pengalaman belajar, interaksi, dan elaborasi dengan teman dan guru dialami anak didik.

Meski saat ini situasi pandemi di Tanah Air mulai kondusif, PTM belum bisa sepenuhnya dijalankan. Begitu juga di masa pascapandemi.

Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan mengatakan, PJJ memang menghadirkan tantangan, tetapi dapat menjadi kesempatan bagi guru untuk berinovasi dan mengasah kreativitas dalam proses belajar mengajar.

Hal itu ia sampaikan dalam dialog bertema “Peran Aktif Guru dalam Pemulihan Pendidikan” di media center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9)-KPCPEN, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: Bikin Seisi Bumi Prihatin Gara-gara Kasus Covid-19 Kembali Menggila di Seluruh Dunia, Akhirnya Terkuak Cara Paling Efektif Menahan Laju Penyebaran, Ternyata Sesimple Ini

“(Pembelajaran) daring di masa pandemi juga membuat kita tahu, apa yang harus disederhanakan dari kurikulum kita,” kata Putra menurut keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

Hal yang sama dikatakan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Zain. Pada kesempatan yang sama ia mengatakan, pembelajaran daring mendorong guru untuk kreatif.

Ia mencontohkan guru yang berada di wilayah terpencil dengan kendala internet. Apabila terlalu berat untuk menyampaikan pelajaran atau tugas secara online menggunakan kuota internet, guru bisa mencoba fitur voice message.

Namun, lanjut Zain, kemampuan guru juga harus ditingkatkan supaya dapat menyesuaikan dengan situasi pandemi dan pascapandemi

“Kunci pemulihan pendidikan adalah para guru. Kompetensi guru juga harus ditingkatkan karena tugas utamanya tidak hanya transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga menanamkan karakter baik,” kata Zain.