Find Us On Social Media :

100 Hari Kekuasaan Taliban: PBB Klaim 23 Juta Warga Afghanistan Kelaparan, Taliban Justru Salahkan Negara Barat yang 'Omong Doang ' Perihal HAM

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 25 November 2021 | 13:45 WIB

Laporan 100 Hari Pertama Setelah Taliban Berkuasa di Afghanistan

Intisari-Online.com - Setelah 20 tahun, Taliban mendapatkan kembali kendali atas Kabul pada 15 Agustus dan menjadi otoritas tertinggi Afghanistan.

Kini, Taliban tengah berada di puncak kekuasaan dan sudah 100 hari berkuasa di Afghanistan.

Seberapa jauh negara ini telah berubah sejak Taliban menggulingkan pemerintahan yang didukung Barat

Laporan jurnalis BBC, Yalda Hakim, menyebutkan bahwa dari petugas kesehatan di Kandahar hingga petugas kebersihan di rumah sakit Kabul, tidak ada petugas kesehatan publik di Afghanistan yang digaji sejak pemerintah jatuh dan bantuan asing terhenti.

Baca Juga: Berambisi Memperluas Pengaruh dan Permalukan AS, China Incar Hal Ini dari Taliban di Afghanistan, Bagaimana Posisi Amerika Saat Ini?

Terlepas dari situasi itu, mereka masih datang bekerja, merawat masyarakat yang semakin putus asa di saat mereka sendiri semakin terpojok ke tepi jurang.

Salah satunya yakni Nasreen bekerja yang sebagai petugas kebersihan di Rumah Sakit Anak Indira Gandhi di Kabul.

"Jika kami tidak bekerja, bayi-bayi ini akan meninggal, bagaimana mungkin kami bisa meninggalkan mereka?" kata Nasreen kepada BBC.

Baca Juga: Dapat Warisan Pesawat Militer hingga Senjata Melimpah dari AS, Taliban Bakal Bangun Angkatan Udaranya Sendiri, Darimana Mereka Memperoleh Tenaga Profesional?