Find Us On Social Media :

Puluhan Ribu Tentara Rusia Disiagakan di Perbatasan Ukraina, AS Peringatkan Sekutu Eropa Tentang Serangan Sebenarnya Rusia di Ukraina

By Tatik Ariyani, Minggu, 21 November 2021 | 13:40 WIB

ilustrasi Militer Rusia.

Intisari-Online.com - Pejabat intelijen AS memperingatkan sekutu Eropa tentang potensi serangan militer Rusia ke Ukraina, dengan kemungkinan adanya peningkatan karena cuaca semakin dingin.

Sebuah serangan bergantung pada cuaca, tetapi bisa terjadi dalam hitungan minggu, kecuali intervensi dari Barat, pejabat AS menjelaskan masalah tersebut kepada CBS News.

Melansir CBS News, Sabtu (20/11/2021), puluhan ribu tentara Rusia telah berkumpul di perbatasan Ukraina, beberapa bulan setelah ribuan tentara berkumpul di perbatasan pada musim semi.

Tapi tidak seperti penumpukan musim semi lalu, yang dianggap sebagai unjuk kekuatan, pejabat intelijen AS memperingatkan bahwa kali ini bisa menjadi persiapan untuk serangan yang sebenarnya ke wilayah Donbass di Ukraina Timur.

Baca Juga: Polah Mencurigakan Rusia Diungkap Inggris, Usai Insiden Jatuhnya Pesawat Rahasia dan Canggih F-35, Rusia Terungkap Lakukan Tindakan Ini Dengan Peralatan Tempurnya

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pada hari Jumat bahwa aliansi itu memantau dengan cermat "konsentrasi besar dan tidak biasa pasukan Rusia" di dekat perbatasan Ukraina.

"Ini sangat mendesak bahwa Rusia menunjukkan transparansi tentang pembangunan militer ini, mengurangi eskalasi dan mengurangi ketegangan," kata Stoltenberg setelah pertemuan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel yang akan keluar.

Sementara itu, Kepala Staf Gabungan AS Mark Milley berbicara dengan Jenderal Valery Zaluzhny, Panglima Angkatan Bersenjata Ukraina, pada hari Jumat.

Baca Juga: Memang Militer Rusia Jadi Salah Satu yang Terkuat di Dunia, Tapi Siapa Sangka Rusia Ketar-ketir Lihat 2 Senjata Militer Inggris Ini, Sampai Blak-blakan Ungkapkan Fakta Ini