Find Us On Social Media :

Kontrasnya Presiden China Xi Jinping, Sebabkan Kondisi Tegang di Asia-Pasifik, Sekarang Malah Sesumbar Asia-Pasifik Tidak Boleh Kembali ke Era Perang Dingin

By May N, Jumat, 12 November 2021 | 20:44 WIB

Berambisi menjadikan China sepenuhnya komunis lagi, Xi Jinping mengeluarkan aturan yang menyebabkan raksasa gurita China ini pailit dan meruntuhkan ekonomi dunia

Intisari - Online.com - China sudah menjadi negara terkuat di Asia-Pasifik saat ini, dengan penyeimbang kekuatannya mungkin hanyalah sekutu-sekutu Amerika Serikat (AS).

Kondisi Asia-Pasifik juga tengah genting saat ini, karena setiap saat bisa terjadi perlombaan senjata.

Namun, Presiden China Xi Jinping mengatakan Asia-Pasifik tidak boleh kembali ke masa-masa Perang Dingin.

Hal itu ia sampaikan jelang pertemuan puncak para pemimpin Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) akhir pekan nanti.

Baca Juga: Kepegok Citra Satelit, Pantesan Amerika Makin Syok Melihat Ulah China Ini, Obyek Ini Sering Ditemukan di Mana-mana Seolah China Ingin Hancurkan Amerika

Xi mengirimkan pesan melalui video pada hari Kamis (11/11) ke forum CEO di sela-sela KTT APEC yang dipimpin Selandia Baru.

Ia menegaskan bahwa upaya untuk menarik garis ideologis atau membentuk lingkaran kecil dengan alasan geopolitik pasti akan gagal.

"Kawasan Asia-Pasifik tidak dapat dan tidak boleh terulang untuk kembali ke dalam konfrontasi dan perpecahan seperti era Perang Dingin," kata Xi, seperti dikutip Reuters.

Xi Jinping diduga menyindir aliansi Quad, terdiri dari AS, Jepang, Australia, dan India, yang beragenda menahan pengaruh ekonomi dan militer China yang semakin besar.

Baca Juga: Berambisi Memperluas Pengaruh dan Permalukan AS, China Incar Hal Ini dari Taliban di Afghanistan, Bagaimana Posisi Amerika Saat Ini?