Find Us On Social Media :

Sadar Diri Musuh Menginginkannya Jatuh, Iran Segera Adakan Latihan Militer Laut, Darat, dan Udara Skala Besar

By Tatik Ariyani, Selasa, 9 November 2021 | 07:00 WIB

(ilustrasi) upaya penyelamatan pembajakan pesawat Iran oleh Korps Garda Revolusi Iran

Intisari-Online.com - Menyadari banyak musuh yang menginginkan Iran jatuh, tentara Iran mengadakan latihan militer laut, darat, dan udara skala besar.

Latihan militer tersebut dilakukan setelah pasukan Iran dan Amerika Serikat (AS) terlibat konfrontasi di Laut Oman.

Latihan militer skala besar Iran juga dilakukan di tengah ketegangan negara tersebut dengan AS, ancaman oleh Israel, dan ketidaksepakatan dengan tetangga barat laut Azerbaijan.

Yadollah Javani, wakil politik Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), mengatakan kepada penyiar negara bahwa AS berusaha untuk mencegah penjualan minyak Iran dan menegakkan sanksi sepihak yang dijatuhkannya, setelah penarikan 2018 dari kesepakatan nuklir Iran 2015.

Baca Juga: Sekuat Apa Iran Sebenarnya, Demi Meredam Ambisi Nuklirnya Negara-negara Kuat Ini Sampai Turun Tangan untuk Membujuknya?

Latihan militer besar Iran pada Minggu (7/10/2021) pagi waktu setempat, diperkirakan melibatkan pasukan tentara, kapal, kendaraan lapis baja, pesawat berawak, drone, sistem rudal dan radar dalam kapasitas ofensif serta defensif.

Abdolrahim Mousavi sebagai panglima tentara Iran, mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa latihan akan diadakan di area seluas 1 juta km persegi timur Selat Hormuz, Laut Oman, dan bagian utara dari Samudera Hindia, seperti melansir Al Jazeera pada Minggu (7/10/2021).

Di darat, latihan militer skala besar akan diadakan di area umum provinsi tenggara Sistan dan Baluchestan, serta Hormozgan, di samping pantai Makran.

Baca Juga: Bukan Amerika Serikat, Malah Negara yang Pernah Hampir Libatkan Eropa dalam Perang Ini yang Jadi Negara Pertama Ajak Iran Berperang, Seluruh Dunia Kalang Kabut!