Find Us On Social Media :

Masyarakat Punya Andil dalam Pengendalian Covid-19, IDI Imbau Ketaatan Prokes dan Deteksi Diri  

By Yussy Maulia, Rabu, 3 November 2021 | 17:30 WIB

Selain prokes, masyarakat diimbau untuk sadar deteksi diri ketika merasakan gejaal Covid-19.

Intisari-Online.com– Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia M Adib Khumaidi mengimbau masyarakat untuk waspada meski situasi pandemi Covid-19 memasuki fase relaksasi. 

Dalam Dialog Produktif Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) – KPC PEN, Selasa (2/11/2021), ia mengatakan bahwa kesadaran untuk self assesment atau deteksi diri penting dilakukan karena tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang di sekitar.

“Bila kita ingin menjaga keluarga, maka mulai dari diri kita dulu. Keluarga ikut, maka kita dapat turut melindungi masyarakat. Bila kesadaran sudah muncul, fungsi pengawasan internal sudah tumbuh dalam tiap individu. Di sinilah terjadi perubahan perilaku dalam beradaptasi terhadap Covid-19,” ujarnya menurut keterangan tertulis, Rabu (3/11/2021).

Di samping deteksi diri, Adib pun berharap masyarakat tetap taat protokol kesehatan (prokes). Saat ini, prokes yang berlaku adalah 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga: Bikin Orang Satu Dunia Jantungan, WHO Mendadak Peringatkan Pandemi Mungkin Akan Berlanjut Hingga 2022, Semua Gara-gara Fakta Mengejutkan Ini

Sementara, saat beraktivitas di dalam ruangan, masyarakat sebaiknya menerapkan protokol ventilasi, durasi, dan jarak (VDJ). Penerapan itu harus disertai kesadaran untuk mendukung upaya tracingtesting, dan treatment (3T) serta program vaksinasi.

“Kunci penanganan pandemi ada di tangan rakyat. Seluruh upaya pengendalian pandemi tidak akan berhasil tanpa partisipasi masyarakat. Masyarakat, menurutnya, harus menjadi garda terdepan, dapat menjalankan fungsi skrining komunitas dan tr iase komunitas,” katanya.

Anggota masyarakat yang merasakan gejala Covid-19, lanjut Adib, sebaiknya tidak ragu untuk segera tes dan melapor.

Senada dengan Adib, anggota Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sub Bidang Mitigasi Falla Adinda yang turut menjadi narasumber dalam dialog tersebut menyoroti pentingnya self assesment.

Ia mengatakan setelah terbiasa dengan pola hidup di masa pandemi, seharusnya masyarakat semakin baik dalam menilai situasi sekitar.

Baca Juga: Indonesia Bisa Cukup Lega Lepas dari Covid-19 Walaupun Masih Harus Berhati-hati, Negara Tetangga Ini Malah Jadi Sorotan Karena Buruknya Penanganan Covid-19, 'Salahkan Presidennya'

“Misalnya saja, melihat tempat mana yang berpotensi penularan dan menilai kapan aman untuk membuka masker,” ujarnya.