Find Us On Social Media :

Misteri Hilangnya Kapal Besar Pembawa Hasil Tambang, SS Edmund Fitzgerald, Mungkinkah Awak Kapal Diculik Alien Karena Tidak Ada Mayat Mengapung Ditemukan di Danau Besar?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 27 Oktober 2021 | 12:15 WIB

Kapal barang SS Edmund Fitzgerald, yang menghilang setelah terjadi badai.

Intisari-Online.com – Pada tanggal 10 November 1975, sebuah kapal barang danau besar Amerika menghilang dari Danau Superior.

Diberi nama mantan presiden dan ketua dewan, Edmund Fitzgerald, kapal itu menyentuh perairan untuk pertama kalinya pada tahun 1958 dan merupakan kapal terbesar di Danau Besar.

Kapal besar itu digunakan untuk membawa bijih besi taconite dari tambang dekat Duluth, Minnesota ke pekerjaan besi di Detroit, Toledo, dan pelabuhan Danau Besar lainnya.

Perjalanan itu terus berlanjut selama tujuh belas tahun hingga kapal itu menghilang dalam badai 10 November.

Baca Juga: Kisah ‘Kesialan’ Kapal Induk AS Selamat dari Serangan Pearl Harbor, Justru jadi ‘Hantu’ Bagi Jepang Sepanjang Lintasan Pasifik Selama Perang Dunia II

Ketika itu, sore hari tanggal 9 November 1975, kapal Fitzgerald membawa muatan penuh pelet bijih dari Danau Superior, Wisconsin, dekat Duluth ke pabrik di pulau Zug dekat Detroit, Michigan.

Dikepalai oleh kapten Ernest M. ScSorley, kapal itu bergabung dengan kapal barang lain, yaitu SS Arthur M. Anderson, ketika terjebak gelombang setinggi 10,67 meter.

Diyakini bahwa kapal besar Fitzgerald itu tidak mampu mengatasi badai dan tenggelam di perairan Kanada sekitar pukul 19.10.

Kapal itu hilang sekitar 27 kilometer dari Whitefish Bay dekat kota kembar Sault Ste. Marie, Michigan, dan Sault Ste. Marie, Ontario.

Baca Juga: Kisah Kapal Layar Pembawa Emas Berton-ton yang Terlupakan, Benarkah Dibajak oleh Bajak Laut Lalu Ditenggelamkan?