Find Us On Social Media :

Dunia Tidak Lebay, Bukan Masalah Kapal Selam yang Bisa Mengalahkan China, Ternyata Ini Penyebab Kesepakatan AUKUS Benar-benar Bisa Menghancurkan Negara Tidak Bersalah

By May N, Senin, 4 Oktober 2021 | 19:27 WIB

Ilustrasi sampah nuklir, Australia disinyalir akan mengolah sampah nuklir yang diwanti-wanti pakar akan berhubungan dengan kapal selam nuklir mereka

Intisari-Online.com - Ketika Amerika Serikat (AS) membagikan rencana kapal selam bertenaga nuklir dengan Inggris pada 1950-an, saat yang sama ketika reaktor nuklir juga dibangun di dua negara, negara Australia yang kaya dengan uranium.

Kesepakatan ANZUS yang disepakati Selandia Baru dan AS setelah Perang Dunia II, termasuk kerjasama pertahanan, tapi tidak pernah mencapai pertukaran rahasia tingkat tinggi.

Australia telah mengembangkan kapal selam konvensional dan tidak pernah membangun generator nuklir karena batu bara murah dan berlimpah dan reaktor bertenaga batubara jauh lebih sederhana.

Namun ide pengembangan reaktor nuklir tidak pernah hilang dari angan Australia.

Baca Juga: Obati Kekecewaan Atas Pengkhianatan Australia, Prancis Punya Peluang Besar untuk Bangun Kapal Selam Nuklir untuk India, Ini Alasannya

Australia sudah melakukan penelitian kecil untuk reaktor nuklir dengan Institute of Nuclear Science and Engineering, seperti dikutip dari Asia Times.

Segmen Koalisi pemerintah di Canberra telah mendorong pilihan energi nuklir sejak setidaknya 2018 sebagai cara membangun pangkalan energi skala besar ketika reaktor bertenaga batubara ditutup dan tidak digantikan.

Politikus telah berargumen energi terbarukan tidak akan cukup, sementara baterai tidak punya kapasitas sebagai energi dasar.

Dan mereka berargumen simpanan uranium Australia yang berlimpah akan menjadi langkah mencapai sumber nuklir yang realistis dan murah.

Baca Juga: Walaupun Bikin Panik Tiap Hari Lakukan Uji Coba Rudal Nuklir, Siapa Sangka Korea Utara Malah Lakukan Hal Tak Terduga Ini Pada Korea Selatan