Find Us On Social Media :

Beberapa Saat Tampak Tenang, China dan India Kembali Ribut di Perbatasan, China Kirim Pasukan dalam Jumlah Besar

By Tatik Ariyani, Senin, 4 Oktober 2021 | 07:53 WIB

ilustrasi konflik China dan India yang berebut Lembah Galwan

Intisari-Online.com - Setelah beberapa saat tak terdengar kabarnya, India dan China kembali tegang di perbatasan kedua negara. Seperti diketahui, India dan China terlibat dalam perang perbatasan besar pada 1962.

Sejak lama keduanya saling menuduh berupaya menduduki wilayah di sepanjang perbatasan tidak resmi mereka, yang dikenal sebagai Garis Kontrol Aktual. Sabtu (2/10/2021), panglima militer India mengatakan, China mengirim pasukan ke perbatasan mereka yang disengketakan dalam jumlah yang cukup besar.

Baca Juga: Dunia Kecolongan, Dikira Sudah Berdamai, India-China Ternyata Malah Gontok-gontokan hingga Kerahkan Kendaraan Perang Menurut pemberitaan AFP, India juga mengerahkan tentara dengan jumlah yang sama ke perbatasan tersebut untuk menanggapinya. Ketegangan tinggi antara dua negara bersenjata nuklir ini adalah lanjutan dari bentrokan di Lembah Galwan yang strategis pada Juni 2020. Setelah konflik tersebut, India dan China mengerahkan puluhan ribu pasukan tambahan ke Lembah Galwan yang terletak di Ladakh, Himalaya.

Baca Juga: China Ketar-ketir, Tak Ada Angin Tak Ada Hujan Mendadak 50.000 Tentara India Dikirim Mendekati Wilayah India, Apa yang Mereka Rencanakan?