Find Us On Social Media :

Sudah Ada Senapan Lebih Modern Sekelas AK-47, Mengapa Masih Banyak yang Menggunakan Senapan Tua Lee-Enfield?

By Tatik Ariyani, Kamis, 30 September 2021 | 06:30 WIB

Senapan Lee-Enfield

Intisari-Online.com - Senapan berulang atau senapan Lee-Enfield merupakan magasin legendaris yang dipakai sebagai senjata api utama pasukan militer Kerajaan Inggris pada abad ke-20.

Lee–Enfield mengambil namanya dari perancang sistem baut senapan, James Paris Lee dan pabrik tempat ia dirancang, yakni Pabrik Senjata Kecil Kerajaan di Enfield.

Diadopsi dari tahun 1895 sampai 1957, Lee-Enfield merupakan senapan standar Angkatan Darat Inggris dari pejabatnya.

Selama Perang Dunia I, Lee-Enfield sering disebut sebagai "SMLE", kependekan dari "Short, Magazine, Lee-Enfield".

Baca Juga: Walau Bentuknya Kecil Seperti Senapan Biasa, Senjata Ini Konon Bisa Hancurkan Helikopter Hingga Tank hanya Modal 1 Peluru, Negara Ini Pernah Mencicipi Keganasannya!

Selain sebagai senjata standar untuk kompi senapan Angkatan Darat Inggris, Lee–Enfield juga dipakai tentara kolonial, seperti India dan sebagian Afrika, dan negara-negara Persemakmuran lainnya di Perang Dunia I dan II, seperti Australia, Selandia Baru, Afrika dan Kanada).

Meskipun secara resmi diganti di Inggris dengan SLR L1A1 pada tahun 1957, ia tetap digunakan secara luas di Inggris hingga awal/pertengahan 1960-an.

Varian penembak jitu L42A1 7,62 mm bahkan tetap beroperasi hingga 1990-an.

Sebagai senapan infanteri standar, senjata ini masih digunakan di angkatan bersenjata beberapa negara Persemakmuran, dikutip dari Wikipedia.

Baca Juga: Sama-Sama Berlandaskan Komunis, Terkuak Inilah Pembicaraan Petinggi PKI dengan Presiden China Mau Zedong, Ribuan Senapan hingga Bom Nuklir Ditawarkan China ke Indonesia