Find Us On Social Media :

Punya Banyak Jet Tempur Canggih, AS Malah Bakal Gunakan Lagi Pesawat Tempur Usang F-117 Nighthawk yang Sudah Dipensiunkan 13 Tahun Lalu, Untuk Apa?

By Tatik Ariyani, Sabtu, 25 September 2021 | 15:50 WIB

F-117 Nighthawks

Intisari-Online.com - Angkatan Udara AS (USAF) telah mengkonfirmasi bahwa pesawat tempur siluman pertama negara itu, F-117 Nighthawk, yang telah pensiun lebih dari satu dekade lalu, telah menerima kehidupan baru.

Letnan Jenderal Michael Loh, yang mengepalai Pengawal Nasional Udara, mengatakan kepada wartawan tentang perkembangan ini di Konferensi Udara, Luar Angkasa, dan Ruang Siber Tahunan Asosiasi Angkatan Udara baru-baru ini.

Melansir The EurAsian Times, Jumat (24/9/2021), perkembangan Lockheed Martin F-117 Nighthawk adalah sebuah rahasia yang dijaga ketat.

Program jet tempur mendapat lampu hijau pada 1970-an, di puncak Perang Dingin dan melakukan penerbangan perdananya pada tahun 1981.

Baca Juga: Masih Dikuasai oleh Militer Rusia, Inilah 5 Pesawat Tempur Tercepat yang Masih Terbang Hingga Saat Ini, Mulai Saat Perang Dingin Sebagai Bentuk Pertahanan Negara

Menariknya, Nighthawk ditetapkan sebagai pesawat tempur meski merupakan pesawat serang.

Jenderal Robert J. Dixon di Komando Udara Taktis merasa bahwa sebutan 'F' (untuk pesawat tempur) akan lebih menarik bagi pilot ahli daripada klasifikasi 'A' (untuk serangan).

Namun, terlepas dari semantiknya, F-117 Nighthawk tidak pernah dimaksudkan untuk pertempuran udara dan malah dirancang untuk menjatuhkan bom.

F-117 membuktikan efektivitas operasionalnya selama perang Teluk dan konflik Balkan.

Baca Juga: Kini Malah Jadi Ancaman Bagi Indonesia, Ternyata Australia Pernah Ketakutan Setengah Mati dengan Indonesia sampai Beli Pesawat Tempur yang Bisa Mengebom Jakarta Ini