Find Us On Social Media :

Terkubur Ribuan Tahun, Mayat Grauballe Man Masih Utuh, Ini Kisah di Baliknya

By Tatik Ariyani, Rabu, 22 September 2021 | 18:25 WIB

Grauballe Man

Intisari-Online.com - The Grauballe Man terkubur pada kedalaman 3,5 kaki selama 2.200 tahun, namun masih punya tubuh yang terawat baik.

Sulit dipercaya bahwa jenazah laki-laki yang ditarik dari rawa gambut di Jutlandia tengah, Denmark, pada tahun 1952 itu masih punya kondisi tubuh terawat meski sudah ribuan tahun terkubur.

Grauballe Man diperkirakan berusia sekitar 30 tahun ketika meninggal, dilansir Greelane.

Pemeriksaan fisik menunjukkan bahwa meskipun tubuhnya dalam kondisi yang hampir sempurna, sebelum meninggal dia dibunuh atau dikorbankan secara brutal di tahun-tahun Sebelum Masehi.

Baca Juga: Ibunya Sudah Mati Lebih dari Setahun yang Lalu, Pria Ini Malah Tega Membuat Jenazah Ibunya Menjadi Mumi, Terkuak Alasannya Begitu Culas dan Egois

Tenggorokannya telah dipotong dari belakang begitu dalam, hingga hampir memenggal kepalanya. Sementara itu, tengkoraknya dipukul dan kakinya patah.

Tubuh manusia Grauballe jadi salah satu objek paling awal yang diberi tanggal oleh metode penanggalan radiokarbon yang baru ditemukan.

Awalnya, manusia Grauballe ini diteliti arkeolog Denmark Peter V Glob di Museum Nasional Denmark di Kopenhagen.

Baca Juga: Berusia 2.200 Tahun, Mumi ‘Cantik’ Xin Zhui dari China Kuno Ini Berbeda dari Milik Mesir, Tubuhnya Tetap Terawat Seperti Baru Saja Meninggal, Ini Rahasianya Pengawetannya!