Find Us On Social Media :

Level PPKM Mulai Diturunkan, Satgas Covid-19 Gencar Sosialisasi Prokes dan Percepat Vaksinasi Kelompok Rentan

By Fathia Yasmine, Rabu, 22 September 2021 | 14:22 WIB

Dialog Semangat Selasa Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN, Senin (20/9/2021)

Intisari-Online.com – Pemerintah bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 kembali memperpanjang pelaksanaan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting mengatakan, keputusan tersebut akan terus berlanjut hingga seluruh wilayah Indonesia mencapai level terendah.

Hal itu ia sampaikan dalam Dialog Semangat Selasa Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang diselenggarakan Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Senin (20/9/2021).

“Walaupun kasus sudah turun,  PPKM harus terus kita lakukan untuk mengontrol dan mencegah supaya lonjakan kasus tidak terjadi  lagi,” ujar Alexander menurut keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Di samping mengontrol mobilitas masyarakat, Alexander menyebut, pemerintah tetap berkomitmen untuk meningkatkan edukasi tentang penggunaan masker dan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

Baca Juga: Bawa-Bawa Nama Prancis, Korea Utara Mendadak Komentari Rencana AS Menciptakan Kapal Selam Nuklir Untuk Australia, Korut Akan Lakukan Tindakan Nekat Ini Jika Hal Itu Terjadi

Dengan edukasi tersebut, diharapkan masyarakat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) meski pemerintah telah melonggarkan pembatasan mobilitas.

“Kami dari Satgas juga tetap melakukan program ‘maskerisasi’ untuk masyarakat,” tegasnya.

Terkait dengan keberhasilan PPKM, Alexander mengungkapkan bahwa saat ini tidak ada daerah dengan level 4 di wilayah Jawa dan Bali. Sementara di luar kedua daerah tersebut, hanya tersisa beberapa daerah saja yang masih menerapkan level 4.

“Walaupun PPKM sudah masuk level 1 atau 2, Posko PPKM di desa dan kelurahan harus selalu menjalankan fungsinya untuk melindungi warga,” lanjut Alexander.

Baca Juga: Pantesan Jenderal Soeharto Tidak Jadi Korban Penculikan PKI, Terkuak Ternyata Dirinya Berada di Tempat Ini Saat Peristiwa G30S Terjadi

Percepat vaksinasi lansia, ibu hamil, dan difabel