Find Us On Social Media :

Kalahkan Negara Saingannya AS, China Telah Vaksinasi 1 Miliar Warganya Terhadap Covid-19, Lebih Maju Berkali Lipat dari Negara Lain

By Tatik Ariyani, Jumat, 17 September 2021 | 18:43 WIB

Ilustrasi Vaksin China

Intisari-Online.com - Pada Selasa (14/9) lalu, otoritas kesehatan China mengatakan bahwa kasus COVID-19 naik lebih dari dua kali lipat di Provinsi Fujian, mendorong peluncuran langkah-langkah termasuk pembatasan perjalanan untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Komisi Kesehatan Nasional China menyatakan, ada 59 kasus baru COVID-19 yang ditularkan secara lokal pada Senin (13/9), naik dari 22 infeksi sehari sebelumnya.

Semuanya berada di Fujian, provinsi yang berbatasan dengan Zhejiang di Utara dan Guangdong di Selatan.

Mengutip Reuters, hanya dalam empat hari, total 102 kasus COVID-19 komunitas telah dilaporkan di tiga kota di Fujian, termasuk Xiamen, pusat wisata dan transportasi dengan populasi 5 juta jiwa.

Baca Juga: Tak Cuma Sinovac Ternyata Ini Dua Alasan Vaksin Covid-19 yang Disuntikkan Ke Tubuh Manusia Diprediksi Tak Akan Memberikan Perlindungan Seumur Hidup

Pada hari Kamis, Komisi Kesehatan Nasional China mengumumkan bahwa negara tersebut telah sepenuhnya memvaksinasi 1 miliar dari 1,41 miliar warganya terhadap COVID-19, sebuah tonggak utama dalam kampanye vaksinasi negara terpadat di dunia, dilansir dari Fortune, Kamis (16/9/2021).

Skala kampanye China telah menempatkan negara itu berkali lipat di depan negara-negara lain di dunia secara absolut.

China kini telah mengirimkan hampir tiga kali lebih banyak vaksin kepada warganya daripada negara lain mana pun.

India, yang memiliki populasi sedikit lebih kecil yaitu 1,36 miliar orang, telah memberikan 766 juta dosis vaksin dibandingkan dengan 2,16 miliar dosis China.

Baca Juga: Indonesia Sudah Jadi Nomor 1 di Asia Tenggara Soal Jumlah Vaksin, Kemenkes Kembali Tambah Stok, Klaim Tanah Air Punya 245,7 Juta Vaksin Covid-19 yang Siap Disebar