Find Us On Social Media :

Setelah Taliban Kuasai Afghanistan dengan Cepat, Mantan Direktur CIA Peringatkan Ancaman Al-Qaeda Muncul Lagi di Negara Tersebut

By Tatik Ariyani, Senin, 13 September 2021 | 16:43 WIB

Taliban Klaim Kuasai Lembah Panjshir,

Intisari-Online.com - Seletah AS dan sekutunya menarik pasukan dari Afghanistan, Taliban dengan cepat merebut kekuasaan di negara itu.

Michael Morrell, mantan penjabat Direktur CIA, mengatakan pengambilalihan cepat Taliban di Afghanistan menginspirasi para ekstremis di seluruh dunia.

Kelompok ekstremis menurutnya merayakan penarikan pasukan barat dari Afghanistan, saat AS memperingati 20 tahun serangan 9/11.

Morrell kepada CBS “Face the Nation” pada Minggu (12/9/2021) mengatakan, “Taliban mengatakan kami tidak mengalahkan Amerika Serikat; kami mengalahkan NATO. Kami mengalahkan kekuatan militer terbesar di dunia yang pernah ada. Jadi ada perayaan yang sedang berlangsung."

Baca Juga: Sok Kuat Gempur Taliban dan Al-Qaeda, Militer Amerika Ternyata Pernah Nyaris Dipecundangi Dua Kelompok Militan Itu Namun Endingnya Justru Mengejutkan

Morrell menambahkan Taliban “melindungi Al-Qaeda hari ini.”

Pemimpin kelompok ekstremis Ayman al-Zawahri muncul dalam sebuah video yang dirilis pada Sabtu (11/9/2021), beberapa bulan setelah rumor menyebar bahwa dia telah meninggal.

Morrell mengatakan, “Bagaimana kita akan memastikan bahwa Al-Qaeda tidak membangun kembali kemampuannya dan berencana menyerang kita lagi?”

Baca Juga: Pemerintahan Harus Sudah Dibentuk, Taliban Kini Ketiban Masalah Besar, Puluhan Juta Warganya Alami Nasib Mengerikan Sampai Memelas ke Negara Lain, Benarkah Pemerintahannya Tidak Kompeten?