Find Us On Social Media :

Mati-matian Merdeka dari Indonesia, Timor Leste Malah Terperangkap Jadi 'Sapi Perahan' Australia, Minyak dan Gas Miliaran Dolar Dirampok dengan Cara Licik

By Tatik Ariyani, Senin, 6 September 2021 | 16:44 WIB

(Ilustrasi) Kilang minyak Bayu-Undan milik Timor Leste

Intisari-Online.com - Tak lama setelah merdeka dari Indonesia, pasukan penjaga perdamaian internasional pimpinan Australia yang dikenal sebagai INTERFET mendarat di Timor-Leste.

Australia memimpin pasukan penjaga perdamaian yang terdiri dari 11.000 orang dari 22 negara, salah satu yang dianggap sebagai kesuksesan besar.

Melansir Crikey.com.au, John Howard menyebut intervensi itu sebagai "kemenangan kebijakan luar negeri yang signifikan" dan mengatakan ia tidak akan mengubah apa pun tentang itu, dan tentara Indonesia menarik diri sepenuhnya pada akhir Oktober.

Personel pertahanan Australia dipuji atas upaya mereka.

Baca Juga: Bak Jatuh Tertimpa Tangga, Duit Rp264 Triliun Dipastikan Jadi Ampas Padahal Hasil Utang dari China, Impian Timor Leste Ini Dipastikan Kandas Cuma Gara-Gara Covid-19

Namun, INTERFET hanyalah sebagian kecil dari kisah Australia dengan Timor-Leste.

Setelah lebih dari 78% orang Timor memilih kemerdekaan dalam referendum pada 30 Agustus 1999, milisi paramiliter pro-Indonesia yang marah menanggapinya dengan kekerasan, seperti meruntuhkan kota, membakar bangunan, dan menyerang serta membunuh orang.

Sekitar 1500 warga Timor diperkirakan tewas dalam kekerasan itu, puluhan ribu meninggalkan rumah mereka ke gunung-gunung, dan pasukan Indonesia memaksa lebih dari 300.000 orang melewati perbatasan darat ke Timor Barat.

Kemarahan internasional memaksa dibentuknya INTERFET. Australia - pemain kunci dalam keputusan untuk campur tangan - membalikkan satu dekade kebijakan luar negeri yang ambivalen yang lebih suka melupakan masalah Timor-Leste dan melangkah masuk.

Baca Juga: Tak Ada 1 Persen dari Total Ekspor Indonesia, Ekspor Indonesia Capai Rp3,1 Triliun pada 2020 ke Timor Leste yang Setengah Populasinya Rawan Kemiskinan