Find Us On Social Media :

Tekan Angka Positivity Rate Covid-19, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

By Fathia Yasmine, Rabu, 1 September 2021 | 13:21 WIB

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN bertajuk ‘Dialog Semangat Selasa’, Selasa (31/08/2021).

Intisari-Online.com – Presiden Joko Widodo kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa -Bali hingga 6 September 2021.

Menurut Ketua  Bidang  Perubahan  Perilaku  Satuan  Tugas  COVID-19  Sonny  Harry  B Harmadi, keputusan tersebut dipilih presiden guna melanjutkan tren positif penanganan Covid-19 di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Sonny dalam dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) - KPCPEN bertajuk  ‘Dialog Semangat Selasa’, Selasa (31/08/2021).

Kendati demikian, Sonny menyebut, ikhtiar pemerintah harus didukung dengan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) 3M,  yakni memakai  masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Baca Juga: Sesumbar Bisa Kalahkan Tentara Indonesia, Sosok Ini Bongkar Senjata yang Digunakan Militer Timor Leste untuk Lawan Indonesia, Ternyata Rakitan dan Buatan Sendiri!

“Meski diperpanjang namun dilakukan beberapa penyesuaian  agar  kegiatan sosial  masyarakat bisa berjalan. Dengan patuh menjalankan prokes, hal  ini  akan  menyeimbangkan  upaya perlindungan kesehatan  dengan pembukaan kegiatan masyarakat,” ungkap Sonny.

Terkait dengan kondisi lapangan, Sonny menyebut, saat ini tingkat positivity rate berada di angka 12,3 persen. Angka ini masih harus diturunkan hingga di bawah lima persen.

“Belajar  dari  negara -negara  lain, seringkali terdapat lonjakan kasus  ketika penerapannya dilonggarkan. Karena  itu,  kita  harus  berupaya  agar  lonjakan  kasus  tidak  terjadi dengan cara mempertahankan protokol kesehatan,” katanya.

Berbagai upaya pun terus dilakukan pemerintah guna menurunkan tren tersebut. Sonny mengaku, Satgas Covid-19 terus mempercepat upaya vaksinasi beserta testing, tracing, dan treatment (3T).

Guna memonitor perubahan perilaku masyarakat selama pandemi, Sonny menyebut, Satgas Covid-19 telah bekerja sama dengan lebih dari 115 ribu Duta  Perubahan Perilaku  di  seluruh  Indonesia.

Nantinya, Duta Perubahan Perilaku akan bekerja dengan TNI dan Polri untuk melakukan evaluasi dan laporan kondisi lapangan.

“Perubahan perilaku masyarakat sangat signifikan dalam pengendalian pandemi. Untuk itu, Satgas COVID -19 berkolaborasi bersama TNI, Polri, dan Duta  Perubahan Perilaku  di  seluruh  Indonesia,” ungkap Sonny.