Find Us On Social Media :

Berusia 1.800 Tahun, Buket Bunga Ini Ditemukan di Terowongan di Bawah Piramida Teotihuacán, Mexico, Kemungkinan Digunakan untuk Upacara Ritual

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 27 Agustus 2021 | 15:30 WIB

Buket bunga berusia 1.800 tahun ditemukan di terowongan di bawah piramida di Teotihuacán, Meksiko.

Intisari-Online.comBuket bunga yang terpelihara dengan baik ini kemungkinan digunakan dalam upacara ritual.

Arkeolog menemukan empat buket atau karangan bunga di kota pra-Hispanik Teotihuacán, yang terletak di timur laut Mexico City saat ini.

Bertanggal antara sekitar 1 dan 200 M, buket bunga tersebut ditemukan di sebuah terowongan di bawah piramida yang dipersembahkan untuk dewa ular berbulu Quetzalcóatl.

Menurut surat kabar Meksiko, La Jornada, seperti laporan Javier Salinas Cesareo, temuan itu menandai penemuan pertama materi tanaman yang terpelihara dengan baik di reruntuhan kota.

Baca Juga: Benarkah Pejabat di Inggris pada Masa Romawi, Lempar Tahanan ke Kandang Singa? Arkeolog Berikan Jawaban atas Temuan Mereka

Tim arkeolog berencana untuk menyelidiki jenis bunga apa yang digunakan itu dan kapan digunakannya.

“Total ada empat karangan bunga dalam kondisi sangat baik. Mereka masih diikat dengan tali, mungkin kapas,” Sergio Gómez-Chávez, direktur Proyek Tlalocan, sebuah upaya internasional yang dipimpin oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH), kepada La Jornada.

 “Ini adalah penemuan yang sangat penting karena ini mengungkapkan tentang ritual yang dilakukan di tempat ini.”

Gómez-Chávez dan rekan-rekannya sedang menjelajahi terowongan awal bulan ini ketika mereka menyadari bahwa terowongan itu berlanjut lebih jauh dari yang mereka harapkan.

Baca Juga: Amat Besar! Fosil Reptil Terbang Seperti Naga Ini Ditemukan di Australia, ‘Tidak Diciptakan untuk Makan Brokoli!’