Find Us On Social Media :

Naskah Proklamasi Autentik Ditandatangani Soekarno-Hatta, Ini Beberapa Perubahan dari Naskah Autentik

By Tatik Ariyani, Rabu, 21 Juli 2021 | 18:50 WIB

Teks proklamasi autentik yang diketik Sayuti Melik dan akhirnya dibacakan Bung Karno di hadapan para pemuda dan anggota PPKI pada 17 Agustus 1945 silam.

Intisari-Online.com - Naskah proklamasi autentik merupakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesa yang diketik oleh Sayuti Melik.

Pada teks proklamasi autentik ketikan Sayuti Melik tertera tandatangan asli Soekarno dan Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Naskah Proklamasi yang telah mengalami perubahan, yang dikenal dengan sebutan naskah "Proklamasi Autentik", adalah hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik (seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan Proklamasi), yang isinya adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Peristiwa Rengasdengklok, Penyebab Hari Keramat Kemerdekaan Indonesia Jatuh pada 17 Agustus dan Proklamasi Mundur Sehari

P R O K L A M A S I

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakandengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05Atas nama bangsa Indonesia.Soekarno/Hatta.

Baca Juga: Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia, Sebagai Puncak Perjuangan hingga Titik Awal Pembangunan Nasional