Find Us On Social Media :

Inggris Tiba-tiba Kerahkan Dua Kapal Perang di Perairan Asia Secara Permanen, Untuk Hadapi China?

By Tatik Ariyani, Rabu, 21 Juli 2021 | 17:00 WIB

HMS Queen Elizabeth, kapal perang terbesar yang pernah dibangun Inggris.

Intisari-Online.comInggris telah mengumumkan bahwa mereka akan secara permanen mengerahkan dua kapal perang di perairan Asia.

Pengerahan ini terjadi setelah kapal induk dan kapal pengawal Queen Elizabeth berlayar ke Jepang pada September melalui laut di mana China bersaing untuk mendapatkan pengaruh dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Melansir Al Jazeera, Rabu (21/7/2021), rencana untuk kunjungan tingkat tinggi oleh kelompok kapal induk itu datang ketika Inggris memperdalam hubungan keamanan dengan Tokyo.

Keduanya menyatakan kekhawatiran yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir atas ambisi teritorial China di kawasan itu, termasuk Taiwan.

Baca Juga: Sinovac Tak Ada Apa-apanya, Pantas Vaksin AstraZeneca Jadi Rebutan, Ternyata Ini Kelebihan Vaksin Buatan Ilmuwan Inggris Itu, Indonesia Beruntung Menggunakannya!

“Menyusul pengerahan perdana kelompok penyerang, Inggris akan secara permanen menempatkan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini,” kata menteri pertahanan Inggris, Ben Wallace, dalam pengumuman bersama pada Selasa di Tokyo dengan mitranya dari Jepang, Nobuo Kishi.

Kishi menggemakan Wallace setelah keduanya mengadakan pembicaraan.

“Kami menegaskan kembali posisi kami bersama bahwa kami dengan tegas menentang upaya untuk mengubah status quo dengan paksaan, dan pentingnya Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum,” katanya.

Baca Juga: Tubuhnya Dibalsem untuk dapat Tetap Pimpin Tentara Skotlandia dalam Kematiannya Masih Bersama Anak Buahnya, Inilah Kisah Kematian Edward I dari Inggris