Find Us On Social Media :

Hampir Bikin Rusia dan China Geger, Inilah Zheltuga, Kota Penambangan Emas Ilegal yang Jadi 'Rebutan' Penambang Rusia dan Tiongkok

By Tatik Ariyani, Sabtu, 10 Juli 2021 | 16:07 WIB

Zheltuga

Intisari-Online.com - Pada musim semi tahun 1883, emas ditemukan di cabang sungai Albazikha, di provinsi Heilongjiang utara di China dekat perbatasan dengan Rusia.

Penemuan tersebut menyebabkan para pencari emas China dan Rusia berbondong-bondong ke daerah tersebut dan membuat pemukiman di tepi kanan Sungai Amur.

Pemukiman itu dinamai Zheltuga setelah sungai Shilka, yang anak sungainya adalah Albazikha. Sungai Shilka akhirnya menjadi Amur setelah pertemuannya dengan Argun di perbatasan Rusia-China, seperti melansir Amusing Planet, Sabtu (10/7/2021).

Sebagian besar penambang datang dari sisi perbatasan Rusia, karena banyaknya pemukiman Rusia di sekitarnya.

Baca Juga: Konflik Rusia vs Inggris Makin Gila, Inggris Sampai Siapkan Kapal Induk yang Membawa Hulu Ledak Nuklir Jika Rusia Berani Macam-macam

Pemukiman China besar terdekat, di sisi lain, berjarak ratusan kilometer.

Dengan demikian, sebagian besar orang China adalah buruh kasar dan kuli daripada pencari emas, yang baru saja tiba di Blagoveshchensk untuk mencari pekerjaan.

Sejak awal Zheltuga, yang dijuluki "California di Amur", menarik orang-orang yang terbuang secara sosial dan cenderung kriminal.

Narapidana yang melarikan diri dan orang yang dideportasi menonjol di antara orang Rusia yang datang untuk mencari emas.

Baca Juga: Setelah AS Tarik Pasukan dari Afghanistan, Rusia Jadi Makin Khawatir dengan Pasukan Taliban, Rupanya Ini Hal yang Dikhawatirkan Bakal Terjadi