Find Us On Social Media :

Pesawat ‘Antik’ Perang Vietnam yang Sudah ‘Pensiun’ Kembali Digunakan oleh Pasukan Khusus Amerika dalam Konflik Afghanistan dan Irak, Berhasilkah Lakukan Misinya?

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 9 Juli 2021 | 09:15 WIB

Pesawat OV-10 Bronco, yang sudah 'pensiun' dan digunakan kembali saat Perang Irak-Afghanistan.

Intisari-Online.comPesawatantikPerang Vietnam yang sudah ‘pensiun’, kembali digunakan Pasukan Khusus Amerika dalam konflik Afghanistan dan Irak.

Perang bukanlah permainan, juga tidak biasanya dilakukan oleh pensiunan, terutama mereka yang telah pensiun selama lebih dari 30 tahun.

Namun, para pensiunan yang dimaksud ini bukanlah manusianya, tetapi adalah pesawat terbang.

Dua OV–10 Bronco, keluar dari 'pensiun'nya untuk mendukung Pasukan Khusus di Irak.

Baca Juga: Bak Kena Getahnya, Mengamuk Saat China Kirim Pesawat Perang ke Wilayahnya, Malaysia Malah Dulunya Sudah 'Jual Diri' Ke China Lewat Ucapan Ini, ASEAN Dipertaruhkan

Menurut Tyler Rogoway, pesawat-pesawat itu sebelumnya digunakan dalam Perang Vietnam dan telah terbukti menjadi kendaraan serba guna yang dapat terbang dan bertempur.

Pesawat itu bisa berkeliaran berjam-jam, menembak langsung ke musuh, menaikkan pasukan terjun payung dan kargo, atau menyerang dengan senjatanya sendiri.

Banyak yang berpikir pesawat itu sudah tepat untuk pensiun, namun akhirnya menjadi pesawat pendukung udara ringan yang sempurna untuk Afghanistan.

Dua Bronco itu tahun 2016 baru saja menjalankan misi di Irak dan Suriah, diperkirakan berasal dari NASA, yang awalnya mengambil pesawat pensiunan untuk melakukan tes udara, atau mungkin dari Departemen Luar Negeri, yang telah mengirim Broncos ke Columbia dalam upaya untuk menindak perdagangan narkoba.

Baca Juga: Barusan Kelabakan Setelah 'Diserang' China, Militer Malaysia Dicacat Habis-habisan Karena Tak Cukup Kuat Lindungi Kedaulatan Negara