Find Us On Social Media :

Saksi Bisu Penjajahan Portugis di Bumi Lorosae, Bangunan di Timor Leste Ini Porak-poranda dan Ditinggalkan Begitu Saja Usai Perang Dunia II

By Khaerunisa, Selasa, 6 Juli 2021 | 19:00 WIB

Rreuntuhan bangunan Escola do Reino de Haudere.

Intisari-Online.com - Timor Leste merupakan negara muda yang punya sejarah panjang penjajahan oleh bangsa lain.

Banyak peristiwa telah terjadi di Timor Leste, dengan bangsa asing pernah silih berganti menduduki wilayah berjuluk Bumi Lorsae ini.

Bangunan terbengkalai yang dulunya merupakan sebuah sekolah ini merupakan salah satu saksi sejarah kehadiran Bangsa Eropa tersebut.

Tidak banyak yang diketahui tentang bangunan sekolah bernama 'Escola do Reino de Haudere', yang merupakan bahasa Portugis untuk “Sekolah Kerajaan Haudere”.

Baca Juga: Timor Leste Kembali Diperas Australia Berkedok Tawaran Menggiurkan 51 Ribu Triliun Rupiah, Ladang Gas Sumber Polusi Ini Direncanakan Dipakai Lagi, Mengancam Kehidupan Biota Laut

Portugis menjadi bangsa pertama yang menduduki Bumi Lorosae, menguasainya selama beratus-ratus tahun.

Timor Leste mulai dijajah Bangsa Portugis pada abad ke-16, dan berakhir pada tahun 1975 tapi sempat digantikan oleh Jepang.

Awalnya, Bangsa Portugis menguasai seluruh Pulau Timor, hingga terjadi perebutan kekuasaan dengan Bangsa Eropa Lainnya, yaitu Belanda.

Portugis dan Belanda akhirnya berbagi kekuasaan di Pulau Timor melalui Perjanjian Lisbon tahun 1859.