Find Us On Social Media :

Kasusnya Sudah 15 Tahun Lalu Bahkan Telah Dilupakan Orang Indonesia, Perkara Taipan Indonesia Masih Diungkit Media Asia, Sebut Miliarder Indonesia Ini Utang Rp1,4 Triliun pada Rakyat Indonesia

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 30 Juni 2021 | 13:48 WIB

Warga arak ogoh-ogoh Abu Rizal Bakrie pada 2015

Intisari-Online.com - Lima belas tahun sejak banjir lumpur dan gas Lapindo di desa Jawa Timur, perusahaan yang dikendalikan oleh taipan batubara Aburizal Bakrie masih harus membayar setidaknya Rp 1,4 triliun kompensasi untuk menyebabka karena menyebabkan bencana.

Meskipun aliran lumpur telah dibendung oleh tanggul sejak akhir 2008 – dan sekarang hanya mengeluarkan sebagian kecil dari 120.000 meter kubik per hari pada puncaknya – para ahli memperkirakan efek setelahnya akan terus menjadi masalah untuk 30 tahun ke depan.

Karena tanggulnya hanya terbuat dari tanah yang dipadatkan, masih ada bahaya nyata dari hujan monsun yang lebat atau peningkatan aktivitas seismik yang memicu bencana lebih luas.

“Sungguh membingungkan bagi saya bahwa lumpur masih mengalir,” kata salah satu sumber yang terlibat dalam proyek tersebut pada saat terjadi semburan sebagaimana dilansir Asia Times, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Harta Nia Ramadhani Diklaim Tak akan Bisa Habis, Faktanya Tahun Ini Kekayaan Ardi Bakrie Amblas Rp1,55 Triliun, Ini Pemicunya!

"Ada banyak bukti dalam seismik fitur bawah permukaan, tapi kami pikir kami sedang mengebor karang, bukan gunung berapi."

Gunung lumpur bukanlah gunung berapi karena tidak menghasilkan magma.

Mereka biasanya terbentuk ketika air panas dari jauh di bawah permukaan bercampur dengan deposit mineral bawah tanah dan dipaksa ke atas melalui patahan geologis.

Para pejabat mengatakan Desember lalu mereka masih mempertimbangkan cara untuk mengumpulkan pinjaman Rp 700 miliar yang diambil oleh PT Lapindo Brata milik Bakrie dan anak perusahaan PT Minarak Lapindo Jaya sebagai kompensasi untuk banyak korban.

Baca Juga: Nia Ramadhani Dimanja Aburizal Bakrie, Ini 5 Cara Jitu Agar Menantu Bisa Dekat dengan Mertuanya!