Find Us On Social Media :

'Waiting List' Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Kudus Mencapai Puluhan dalam Sehari, Ini Penjelasan Menkes soal Masuknya Varian Corona Asal India ke Kudus

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 14 Juni 2021 | 08:39 WIB

Covid hari ini

Intisari-Online.com - Penularan virus corona masih terjadi di Indonesia meski pandemi sudah berjalan lebih dari setahun.

Hal ini terlihat dari terus bertambahnya kasus Covid-19.

Belakangan, penambahan kasus virus corona cenderung meningkat.

Peningkatan ini merupakan dampak dari melonjaknya mobitas penduduk saat masa libur Lebaran.

Baca Juga: Baru Saja Kasus Covid-19 Turun Drastis, India Sudah Longgarkan Pembatasan dan Buka Mal

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, ditemukan varian virus corona asal India B.1.617 pada lonjakan kasus yang terjadi di Kudus, Jawa Tengah.

"Itu sudah kita teliti, hasilnya baru keluar sekitar 2 hari yang lalu bahwa memang yang di area Kudus adalah varian baru yang datang dari India," kata Budi dalam seminar daring yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Jawa Tengah, Minggu (13/6/2021).

Dijelaskan Budi, intensitas pemakaman jenazah dengan prokes Covid-19 diketahui mulai meningkat sejak 18 Mei 2021 atau beberapa hari usai lebaran.

"Biasanya satu dan maksimal dua jenazah, namun sejak tanggal 18 mulai 4 jenazah dan berturut turut hingga empat hari," ungkap Budi.

Baca Juga: China dan Xi Jinping Bakal Hadapi Bencana Besar Jika Para Ilmuwan Berhasil Buktikan Hal Ini, 'Itu Akan Memulai Gempa Politik'