Find Us On Social Media :

Local Pride, Mantra Suci yang Antarkan PSM Makassar Menembus Semifinal Piala Menpora 2021

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 23 April 2021 | 10:21 WIB

Tiga tim mencuri perhatian selama Piala Menpora 2021 karena menurunkan 100 persen pemain lokal: PSM Makassar, PSIS Semarang, dan Persebaya Surabaya.

Suar.ID - Local pride, kebanggaan lokal!

Itulah salah satu frasa yang begitu menggema selama gelaran Piala Menpora 2021.

Frasa ini merujuk kepada tim-tim peserta Piala Menpora 2021 yang bangga dengan pemain-pemain lokal mereka. Tak satu pun pemain asing—atau natularisasi—yang ada dalam tim tersebut.

Secara tidak langsung, juga menjadi ajang pembuktian bahwa kualitas pemain lokal tak kalah hebat dengan nama-nama impor ataupun naturalisasi.

Tiga tim yang paling menyita perhatian adalah PSIS Semarang, Persebaya Surabaya, dan PSM Makassar.

Nama terakhir bahkan membuktikan, dengan pemain lokal mereka bisa menembus babak semifinal. Saat tersingkir dari Persija Jakarta yang materi pemainnya jauh lebih mentereng, itu pun “cuma” melalui adu tendangan penalti, lewat tos-tosan.

Babak semifinal Piala Menpora 2021 digelar dengan sistem tandang-kandang. Artinya tiap-tiap tim akan bertanding dua kali, sebagai tuan rumah dan tim tamu.

Pertandingan semifinal mulai berlangsung sejak 15 April 2021 hingga 19 April 2021. PSM Makassar menjamu Persija Jakarta di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, menjadi pertandingan pertama leg pertama.

Berlangsung dengan sangat keras, pertandingan ini hanya menghasilkan skor 0 – 0.

Di pertandingan leg kedua, yang berlangsung pada 18 April 2021, juga hasilnya sama saja, 0 – 0. Oleh karena itu, pertandingan harus ditentukan melalui adu tendangan penalti. Di sini keberuntungan memang lebih memihak kepada Persija Jakarta, tapi mata pencinta sepakbola tanah air tertuju kepada penjaga gawang PSM Makassar, Hilman Syah, yang tampil mempesona.

Di pertandingan semifinal leg pertama lainnya, Persib Bandung yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil mengalahkan si pemilik stadion, PS Sleman, dengan skor 2 – 1.

Sempat unggul terlebih dahulu lewat sundulan Saddam Gaffar, PSS harus merasakan gawangnya dibobol dua kali oleh Persib. Masing-masing melalui sundulan Victor Igbonefo dan Frets Butuan yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Ega Rizky.