Find Us On Social Media :

Setelah Kemarin Hasil Penyelidikan WHO di China Berakhir Kurang Memuaskan, Bos WHO Kini Desak Penyelidikan Lebih Jauh Tentang Teori Kebocoran Lab Covid-19

By Maymunah Nasution, Kamis, 1 April 2021 | 07:00 WIB

WHO Ungkap Asal Virus Corona

Intisari-online.com - Setahun lebih pandemi Covid-19 menguasai dunia, akhirnya bos Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan penyelidikan lebih lanjut tentang teori Covid-19 sebagai hasil kebocoran lab.

Hal tersebut dia ungkapkan dalam sambutannya kepada pers pada hari Selasa (30/3/2021).

Melansir Yahoo News yang mengutip National Review, Direktur Jenderal WHO Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa semua hipotesis mengenai asal-usul virus corona "tetap dibahas di atas meja".

Tedros membuat pernyataan tersebut saat pengumuman laporan WHO tentang asal mula pandemi, yang menyimpulkan bahwa kebocoran laboratorium "sangat tidak mungkin".

Baca Juga: Akhinya Ketok Palu, WHO Umumkan Perputaran Penyebaran Virus Corona Pertama Kali, Mengapa Bisa Sampai di Pasar Basah Wuhan yang Menjadi Penyebarnya

“Meskipun tim telah menyimpulkan bahwa kebocoran laboratorium adalah hipotesis yang paling kecil kemungkinannya, hal ini memerlukan penyelidikan lebih lanjut, berpotensi dengan mengirimkan misi tambahan yang melibatkan ahli spesialis, yang siap saya kerahkan,” kata Tedros seperti yang dikutip dari Yahoo News.

Tedros juga mengindikasikan bahwa tim yang dikontrak oleh WHO untuk menyelidiki asal usul pandemi tidak diberi akses penuh ke data China.

“Tim melaporkan bahwa kasus pertama yang terdeteksi terjadi pada 8 Desember 2019. Tetapi untuk memahami kasus paling awal, para ilmuwan akan mendapatkan keuntungan dari akses penuh ke data termasuk sampel biologis setidaknya dari September 2019," jelasnya.

Menurut Daily Caller, tim WHO menolak hipotesis kebocoran laboratorium di akhir laporan setebal 123 halaman.

Baca Juga: Kelangkaan Vaksin Mulai Terjadi, Banyak Negara Mulai Egois dan Amankan Pasokan dengan Cara Batasi Ekspor Vaksin Covid-19