Find Us On Social Media :

Akhinya Ketok Palu, WHO Umumkan Perputaran Penyebaran Virus Corona Pertama Kali, Mengapa Bisa Sampai di Pasar Basah Wuhan yang Menjadi Penyebarnya

By Maymunah Nasution, Minggu, 14 Maret 2021 | 15:26 WIB

Aktivitas di dalam Institue Virologi Wuhan.

Intisari-online.com - WHO akan menampik kecurigaan jika Covid-19 bocor dari laboratorium rahasia China.

Serta, WHO juga akan tekankan jika pasar basah Wuhan adalah sumber pandemi Covid-19.

Dikutip dari 24h.com.vn, menurut laporan WHO, para ahli yakin jika virus Sars-CoV-2 paling mungkin masuk ke pasar basah Hunan di Wuhan bukan dari hewan mentah atau daging beku.

Temuan ini sangatlah kontroversial, karena banyak tuduhan muncul mengenai investigasi dilakukan hanya untuk membersihkan nama baik China, karena hubungan dekat China dan WHO.

Baca Juga: Sempat Teriak Lantang Ingin Bongkar Asal-Usul Covid-19 di China, WHO Malah Mendadak Bungkam dan Batalkan Laporan Awal Covid-19 dari China, Ada Apa?

Anggota senior tim investigasi virus Corona yang dipimpin WHO sebutkan jika laporan akan hadir dengan "teori makanan beku" sebagai penjelasan terbaik mengenai sumber pandemi yang mematikan ini.

Berbicara di konferensi yang telah diorganisir oleh organisasi konsultasi independen Chatham House (Hong Kong) minggu lalu, Peter Daszak, ahli hewan dari Inggris di tim investigasi asal usul Covid-19 di China, mengatakan penyelidik telah mendapatkan kaitan antara pasar Wuhan dan wilayah China Selatan.

Diketahui, China Selatan adalah rumah dari virus Corona dari kelelawar.

"Kami temukan jika ada kaitan dari Wuhan dengan provinsi di China Selatan di mana virus paling mirip dengan Sars-CoV-2 telah ditemukan pada kelelawar," ujar Peter Daszak.

Baca Juga: Kecil Kemungkinan Bakal Selesai Tahun 2021, Inilah Ramalan WHO Mengenai Kapan Berakhirnya Pandemi Covid-19