Find Us On Social Media :

Faktanya Memang Ditutup-Tutupi, Tetapi Dokumen Ini Bongkar Kejahatan Indonesia Gunakan 'Senjata Terlarang' Ini Saat Berniat Binasakan Timor Leste

By Afif Khoirul M, Rabu, 10 Maret 2021 | 17:00 WIB

Ilustrasi -Senjata pemusnah Naplm.

Intisari-online.com - Sejak Timor Leste memutuskan untuk melepaskan diri dari Indonesia, serangkain peristiwa besar terjadi.

Salah satunya adalah penyerangan secara langsung militer Indonesia ke Timor Leste.

Namun, dari serangan itu, banyak fakta ditutup-tutupi termasuk senjata yang digunakan oleh militer Indoesia.

Menurut sebuah dokumen rahasia milik Australia, yang diungkapkan tahun 2015 oleh The Sydney Morning Herald.

Associate Professor Clinton Fernandes dari Australia Defence Force Academy telah menemukan dokumen diplomatik Australia sebelumnya.

Baca Juga: Gunakan Nama Sandi Susi, Tuti, hingga Umi, Inilah Tim Nanggala, Tim Intelijen Tempur Kopassus yang Pernah Dikirim ke Timor Leste

Dokumen ini dirahasiakan yang mempertanyakan penolakan berulang Indonesia yang digunakan untuk membumihanguskan Timor Leste 29 tahun lalu.

Penemuan ini merupakan terobosan dalam penelitian jangka panjang Dr Fernandes untuk mengetahui sejauh mana pemerintah Australia mengetahui tindakan Indonesia.

Salah satunya terungkap dalam dokumen di National of Archives of Australia, tertanggal September 1983 dari Konsul Australia di Bali, Malcom Mann, kepada Dennis Richardson.

Kemudian konselor di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, melaporkan percakapan dengan Amerika Serikat, di Surabaya, Jay McNaughton.

Baca Juga: Sosok Penting dalam Sejarah Timor Leste, Inilah Xanana Gusmao, Memimpin Pasukan Gerilya hingga Ditangkap Tentara Indonesia