Find Us On Social Media :

Lalui Proses Panjang Sampai Diizinkan Selidiki Asal Usul Virus Corona, Tim WHO Mengatakan Sumber Covid-19 Tetap Tidak Teridentifikasi

By Tatik Ariyani, Selasa, 9 Februari 2021 | 19:47 WIB

WHO kirim tim khusus ke China untuk menyelidiki Covid-19.

Intisari-Online.com - Kamis (14/1/2021) lalu, tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) telah tiba di Wuhan, China untuk menyelidiki asal-usul virus corona.

Mereka akan menyelidiki asal-usul virus mematikan tersebut setelah kasus Covid-19 pertama muncul di Wuhan pada Desember 2019.

Tim yang beranggotakan 10 ilmuwan itu mendarat di Wuhan untuk melaksanakan misi mereka yang sangat tertunda dan sempat tidak diizinkan masuk oleh otoritas China.

Mereka bertemu dengan petugas yang mengenakan alat pelindung diri (APD) dan mereka dites swab pada saat kedatangan sebagaimana dilansir dari SBS.

Baca Juga: Selidiki Asal Mula Virus Corona, Utusan WHO Justru Ungkap Kemungkinan Sumber Virus Corona dari Laboratorium Wuhan, Tetapi Buktinya Masih Dirahasiakan?

Setelah itu, mereka dibawa ke sebuah hotel. Di hotel itu, mereka harus menyelesaikan karantina selama dua pekan sebelum memulai pekerjaan mereka.

Namun, misi ahli dari WHO yang menyelidiki asal-usul pandemi virus corona di China mengatakan belum mengidentifikasi sumber hewan dari virus SARS-COV-2, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 2,3 juta orang di seluruh dunia.

Melansir Al Jazeera, Selasa (9/2/2021), Liang Wannian, seorang ahli di Komisi Kesehatan Nasional China, mengatakan kepada wartawan di pusat kota Wuhan bahwa tim gabungan dari 34 ahli China dan WHO yakin virus itu berasal dari hewan, "tetapi inang reservoir masih harus diidentifikasi".

Wuhan adalah kota tempat virus pertama kali diidentifikasi, dan Liang mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan virus itu menyebar di kota itu sebelum kasus resmi pertama tercatat pada Desember 2019.

Baca Juga: WHO Ungkapkan, Ada 6 Tempat yang Paling Rawan dan Berisiko Tinggi Menyebarkan Virus Corona, Berikut di Antaranya