Find Us On Social Media :

Ramalan Jayabaya, 'Akurat' Memprediksi Penjajahan Belanda dan Jepang, Namun Picu Perdebatan Panjang tentang Jajaran Presiden Indonesia

By Tatik Ariyani, Sabtu, 6 Februari 2021 | 13:27 WIB

Ramalan Jayabaya

Intisari-Online.comJayabaya, seorang raja Hindu di Jawa dikenal dengan ramalannya tentang nusantara, khususnya tentang masa depan Jawa.

Prediksi Jayabaya masih memiliki pengaruh besar di benak banyak orang Indonesia, karena diyakini sebagian besar dari yang ia prediksi telah menjadi kenyataan.

Melansir ancient-origins.net, Raja Jayabaya (atau Joyoboyo) memerintah Kerajaan Kediri pada tahun 1135-1157 dan masih populer di kalangan orang Jawa hingga saat ini, seperti yang tertulis dalam Babad Tanah Jawi (Babad Jawa) dan Serat Aji Pamasa .

Seperti kebanyakan raja pada zaman itu, dia mengasosiasikan dirinya dengan dewa untuk melegitimasi kekuasaannya.

Baca Juga: Melalui Ramalan Jayabaya, Sultan Hamengku Buwono IX Sudah Memprediksi Datangnya Kemerdekaan RI

Beberapa sumber mengatakan bahwa dia adalah cicit dari dewa kebijaksanaan, Brahma, dan beberapa mengatakan bahwa dia adalah titisan Wisnu.

Ayahnya, Gendrayana, mengaku sebagai keturunan dari Lima Pandawa, merunut silsilahnya ke Arjuna, yang dirinya sendiri adalah putra dewa Indra.

Oleh karena itu, Jayabaya diyakini memiliki bakat magis yang kuat sehingga mampu melihat jauh ke masa lalu dan jauh ke masa depan.

Jayabaya juga dikatakan bijak dan bersemangat untuk belajar. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Kediri mencapai puncak kemakmurannya, khususnya di bidang sastra.

Baca Juga: Kala Jepang Iming-imingi Kebebasan Kepada Rakyat Indonesia Lewat Nujuman Jayabaya tentang Ratu Adil