Find Us On Social Media :

Inilah Hasil Perjanjian Roem Royen 1949, Perundingan yang Berlangsung Alot Sampai Harus Menghadirkan Bung Hatta dari Pengasingan

By Khaerunisa, Rabu, 20 Januari 2021 | 13:10 WIB

Inilah Hasil Perjanjian Roem Royen 1949, Perundingan yang Berlangsung Alot Sampai Harus Menghadirkan Bung Hatta dari Pengasingan

Intisari-Online.com - Merupakan salah satu bagian penting dari dicapainya pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda, seperti apa hasil Perjanjian Roem Royen?

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, ternyata Belanda ingin kembali menguasai Indonesia.

NICA, pemerintah sipil Hinda Belanda datang dengan 'memboncengi' pasukan sekutu yang dikirim untuk melucuti dan memulangkan tentara Jepang di Indonesia.

Berbagai upaya pun dilakukan Indonesia untuk membebaskan diri dari Belanda, salah satunya melalui jalur diplomasi.

Baca Juga: Inilah Isi Resolusi New Delhi 1949, Dukungan Negara-negara Asia untuk Indonesia yang Hendak Kembali Dikuasai Belanda

Perjanjian Roem Royen merupakan salah satu upaya diplomasi tersebut, yang dilaksanakan setelah terjadi Agresi Militer II. United Nations Commission for Indonesia (UNCI) PBB membawa perwakilan kedua negara ke dalam perjanjian ini.

Selain itu, Perjanjian Roem Royen jugalah yang kemudian mengantarkan Indonesia dan Belanda ke Konferensi Meja Bundar (KMB) yang menghasilkan pengakuan kedaulatan oleh Belanda.

Sebelum Perjanjian Roem Royen, telah ditandatangani Perjanjian Linggarjati 1946 dan Perjanjian Renville 1948, namun tidak menyelesaikan konflik Indonesia-Belanda. Bahkan Perjanjian Renville banyak merugikan Indonesia.

Berikut ini hasil Perjanjian Roem Royen, yang ditandatangani pada 7 Mei 1949.