Find Us On Social Media :

6 Kali Jadi Presiden Uganda, Ini Jawaban Mengejutkan Yoweri Museveni Ketika Disebut Diktator

By Tatik Ariyani, Minggu, 17 Januari 2021 | 13:30 WIB

Yoweri Museveni jadi presiden Uganda sebanyak 6 kali

Intisari-Online.com - Sabtu (16/1/2021), Presiden pertahana Uganda, Yoweri Museveni kembali memenangkan masa jabatannya yang keenam, mengalahkan lawannya Bobi Wine.

Museveni telah memerintah Uganda selama 35 tahun dan sekarang dia akan memimpin untuk waktu lima tahun lagi.

Kemenangan itu sekaligus memperkuat posisinya di antara para pemimpin terlama di dunia.

Melansir Al Jazeera, Sabtu (16/1/2021), kemenangan tersebut mengikuti salah satu kampanye paling berdarah dalam beberapa tahun, dengan sedikitnya 54 orang tewas pada November ketika pasukan keamanan membubarkan protes oposisi dengan kekerasan.

Baca Juga: Berlatih di Pantai yang Hangat, Pasukan Khusus Ini Malah Membantu Jerman Bertarung di Wilayah Kutub, Inilah Blue Division yang Sukarela Membantu Pasukan Nazi Gulingkan Stalin di Perang Dunia Kedua

Tokoh oposisi berulang kali dilecehkan dan ditangkap dan anggota media juga diserang.

Pemimpin oposisi utama Bobi Wine mengatakan proses pemilihan sebagai "palsu". Bobi Wine menuduh adanya penipuan dala pemilihan.

Tetapi Museveni, dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Sabtu, mengatakan bahwa pemilihan hari Kamis mungkin berubah menjadi "pemilihan yang paling bebas dari kecurangan" di Uganda sejak kemerdekaan dari Inggris Raya pada tahun 1962.

Tak lama setelah Museveni mengambil alih kekuasaan pada tahun 1986, mengakhiri pertumpahan darah dan kekacauan selama bertahun-tahun di tangan para pemimpin Idi Amin dan Milton Obote, presiden muda itu mengkritisi tentang para pemimpin yang "melampaui batas" sambutan mereka.

Baca Juga: Tanpa Kita Sadari, Ternyata Bumi Sudah Memasuki Era Kepunahan Ke-6, Ulah Manusia Ini Jadi Penyebab Utamanya