Find Us On Social Media :

Diberi Kode Bom-H, Korea Utara Pernah Sesumbar Menyebutnya Bom Terkuat yang Pernah Diciptakannya, Memang Seperti Apa Kehebatannya?

By Mentari DP, Kamis, 31 Desember 2020 | 15:50 WIB

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Intisari-Online.com - Korea Utara termasuk salah satu negara yang memiliki senjata nuklir.

Sebelumnya, dilaporkan Korea Utara memiliki dua jenis senjata nuklir.

Namun sekarang, negara tertutup itu tampaknya telah mengembangkan jenis yang lebih kuat jauh lebih cepat daripada yang diperkirakan siapa pun.

Dilansir dari abc.net.au pada Kamis (31/12/2020), dari enam uji senjata atom yang dilakukan negara nakal itu sejak 2006, lima yang pertama kemungkinan besar menggunakan "bom atom" konvensional.

Baca Juga: Gambarkan Sosok Humanoid Setengah Manusia Setengah Hewan, Lukisan Gua di Sulawesi Diklaim Sebagai Seni Figuratif Tertua, Segini Usianya

Tetapi upaya Korea Utara pada hari Minggu membuat para pengamat khawatir itu telah bergabung dengan klub termonuklir - negara-negara yang memiliki bom hidrogen.

Jika demikian, Kim Jong-un sekarang memegang senjata yang jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Bom nuklir dahsyat yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat (AS) selama Perang Dunia II adalah senjata "fisi", dan meledak dengan kekuatan antara 15 dan 20 kiloton.

Baru pada tahun 1952, AS menguji bom hidrogen pertamanya, mendorong dunia ke era baru bahaya termonuklir.

Inggris mengikutinya dalam mengembangkan senjata nuklir yang lebih kuat dan melakukan uji coba di Australia dari tahun 1950-an hingga 1963.

Baca Juga: Hubungannya dengan Joe Biden Masih Tak Jelas, Mendadak Kim Jong-Un Kumpulkan Warganya di Lapangan Besar, Mau Pamer Senjata Nuklir Lagi?