Find Us On Social Media :

Janji Menggiurkan AS Jika Indonesia Sudi Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel, 'Kami Siapkan Miliaran Dollar Jika Mereka Siap'

By Ade S, Rabu, 23 Desember 2020 | 10:32 WIB

Indonesia-Israel akan normalisasi hubungan diplomatik?

Intisari-Online.com - Janji menggiurkan terus dilemparkan Amerika Serikat agar Indonesia sudi membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Setidaknya itulah yang bisa terlihat dari laporan Bloomberg terbaru.

Indonesia yang dianggap memiliki banyak potensi menggiurkan tidak hanya secara ekonomi namun juga secara geopolitik menjadi salah satu negara dengan mayoritas penduduk muslim yang paling diincar oleh Israel.

Bagi AS sendiri, terbukanya hubungan diplomatik Indonesia-Israel bisa membantu mengikis pengaruh China di dekat kawasan Laut China Selatan.

Baca Juga: Berambisi Bikin Indonesia Normalisasi Hubungan dengan Israel, Amerika Iming-imingi Hal Menggiurkan Ini pada Indonesia, Bukan Jet Tempur F-35

Indonesia dapat membuka miliaran dolar dalam pembiayaan AS tambahan jika setuju dengan dorongan Presiden Donald Trump.

Dorongan yang dimaksud adalah agar negara-negara Muslim membangun hubungan dengan Israel, menurut seorang pejabat AS.

Korporasi Keuangan Pembangunan Internasional A.S., sebuah badan pemerintah yang berinvestasi di luar negeri, dapat melipatgandakan portofolio AS$1 miliar saat ini jika Indonesia mengembangkan hubungan dengan Israel.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Eksekutif DFC Adam Boehler dalam sebuah wawancara Senin di Hotel King David di Yerusalem.

Baca Juga: Israel Kembangkan Sayap dan Mulai 'Mencengkeramkan Kaki di Tanah Naga Petir,' China yang Selama Ini Sudah Berikan Segalanya Harus Terpukul Mundur