Find Us On Social Media :

Megah Sekali! Ditemukan Dinosaurus Seukuran Ayam dengan Surai Bulu 'Flamboyan' dan Pita Kaku yang Menonjol dari Bahunya

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 16 Desember 2020 | 07:00 WIB

Ubirajara jubatus

Intisari-Online.com - Dinosaurus 'baru' seukuran ayam dengan fitur flamboyan yang digunakan untuk menarik pasangan atau musuh yang mengintimidasi telah ditemukan.

Dilansir dari The Independent, Ubirajara jubatus, yang hidup sekitar 110 juta tahun lalu, memiliki bulu yang rumit termasuk surai bulu yang panjang dan pita kaku yang menonjol dari pundaknya.

Peneliti mengatakan pita bahu ini sangatlah unik karena bukanlah sisik atau bulu.

Masing-masing memiliki bukit punggung kecil yang tajam di sepanjang bagian tengah.

Baca Juga: AS Terus Waspadai Serangan Iran, Seperti Apa Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS?

Para ilmuwan menggali spesimen dari dua lempengan batu dan, menggunakan sinar-X, menemukan elemen kerangka dan jaringan lunak yang sebelumnya tersembunyi - termasuk bagian surai panjang dan tebal yang mengalir di punggung hewan yang diawetkan hampir utuh.

Lengannya juga ditutupi dengan filamen seperti bulu sampai ke tangan.

Dinosaurus itu ditemukan oleh tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh Profesor David Martill dan peneliti Robert Smyth, keduanya di Universitas Portsmouth, dan Profesor Dino Frey di Museum Sejarah Alam Negara, Karlsruhe, Jerman, yang memeriksa catatan fosil yang disimpan di Musium.

Penelitian mereka menunjukkan surai dikendalikan oleh otot, mirip dengan bagaimana landak mengangkat duri saat merasa terancam.

Baca Juga: Mantan Awak Kapal Selam Nuklir Ini Ungkap Kehidupan Mengerikan di Kedalaman 30 Meter di Bawah Laut: Anda Tak Bisa Membedakan Siang dan Malam!