Find Us On Social Media :

Jalin Hubungan Diplomasi dengan Israel, Inilah Fakta-fakta Bhutan yang Tak Banyak Orang Tahu, Negara Paling Bahagia di Dunia Tapi Warganya Pikirkan Kematian hingga 5 Kali Sehari

By Tatik Ariyani, Minggu, 13 Desember 2020 | 13:47 WIB

Bhutan Jalin Hubungan Diplomatik dengan Israel

Intisari-Online.com - Israel dan Bhutan telah mengumumkan pembentukan hubungan diplomatik penuh antara kedua negara.

Pengumuman itu datang beberapa hari setelah Maroko setuju untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, negara Arab keempat yang melakukannya sejak Agustus.

Menurut pernyataan bersama, perjanjian pada hari Sabtu akan "membuka jalan menuju kerja sama yang lebih besar dan lebih memperkuat hubungan" antara Israel dan kerajaan Asia Selatan.

Melansir Al Jazeera, Sabtu (12/12/2020), perjanjian tersebut menyusul beberapa tahun kontak rahasia antara Israel dan Bhutan dengan tujuan membangun hubungan, kata Kementerian Luar Negeri Israel dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Padahal Jadi Nomor 1 di Dunia, Tapi Amerika Memandang China Sebagai Musuh Besarnya sampai Ketar-ketir Ketakutan, Ternyata Hanya Butuh Cara Ini Untuk Luluh Lantahkan Negeri Panda

"Lingkaran pengakuan Israel tumbuh dan berkembang," kata Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi.

“Pembentukan hubungan antara kami dan Kerajaan Bhutan akan menjadi tonggak penting dalam memperdalam hubungan Israel di Asia.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyambut baik kesepakatan itu, menulis di Twitter bahwa itu adalah "buah tambahan dari perjanjian perdamaian".

Bhutan adalah sebuah negara kerajaan terpencil di Himalaya.

Baca Juga: Amat Ketakutan dengan China, Tak Disangka Inilah Negara dengan Jumlah Pesawat Militer Terbanyak Sejagad Raya, Terkuak Kemampuannya Tak Hanya Untuk Berperang