Penulis
Intisari-Online.com -Pada 16 September 1999, terjadi sebuah peristiwa yang berpotensi menyebabkan pertemuan udara yang mematikan antara jet tempur F / A-18 Hornet Australia dan jet tempur ringan British Aerospace Hawk yang diterbangkan oleh seorang pilot Angkatan Udara Indonesia.
Tak banyak diketahui orang, kisah dramatis tentang pertemuan udara tersebut rupanya telah tersimpan rapat selama dua dekade.
Narasi mengenai peristiwa tersebut didasarkan pada wawancara dengan pilot Hawk Indonesian, Henri Alfiandi, muncul di situs Mylesat Indonesia.
Peristiwa yang digambarkan terjadi di puncak krisis Timor Timur 1999.
Saat itu, kekerasan meletus di bagian timur pulau Timor setelah sebagian besar warganya memilih untuk merdeka dari Indonesia.
Setelah pemungutan suara kemerdekaan pada Agustus 1999, milisi pro-Indonesia, yang didukung oleh pasukan keamanan Indonesia, meningkatkan serangan mereka terhadap warga sipil Timor.
Dengan 2.600 orang tewas dalam periode tiga minggu, dan ribuan lainnya mengungsi, keprihatinan internasional mulai meningkat.
Angkatan Udara Indonesia seolah-olah ditugaskan untuk menutupi penarikan pasukan Indonesia dari Timor Leste.
Tetapi dengan penempatan jet tempur ke Timor Barat dan kelompok tugas Angkatan Laut Indonesia yang berpatroli di perairan Timor Leste, PBB khawatir akan kemungkinanbalasan dari Indonesia dalam bentuk intervensi militer.
Melansir The Drive, wawancara dimulai dengan Henri mengenang waktunya menerbangkan A-4 Skyhawk, jet tempur subsonik generasi terdahulu yang pernah digunakan sebelumnya dalam operasi anti-gerilya di Timor Leste.
“Itu adalah hari-hari Top Gun dan saya terbang dengan A-4, tidak mau kalah dengan F-16,” kenang Henri. "Film Top Gun memengaruhi saya sebagai pilot tempur dan membuat saya bangga."
Hawk yang gesit dirancang sebagai latih jet, tetapi juga digunakan sebagai pesawat tempur ringan, dan diterbangkan oleh Indonesia dalam versi kursi tunggal dan dua kursi.
Kursi tunggal Hawk Mk 209 memiliki set pulse-Doppler AN / APG-66H, mirip dengan radar yang ditemukan pada F-16A / B, sedangkan dua kursi tidak memiliki radar.
Dengan meningkatnya kesiapan Angkatan Udara Indonesia untuk menanggapi situasi tegang di Timor Timur sejak September 1999, Kapten Henri ditempatkan di Pangkalan Udara Kupang, di Timor Barat.
Pada saat itu, Henri menjelaskan, pangkalan itu menjadi tuan rumah rotasi dua minggu tiga jet Hawk dan pilot diperintahkan untuk menembak jatuh pesawat tidak sah yang memasuki wilayah udara Indonesia.
Empat hari setelah tiba di Kupang, pada 16 September, Henri mengatakan dia ditugaskan dengan misi patroli udara tempur (CAP) rutin.
Pemimpin penerbangan untuk serangan mendadak itu adalah Kapten Azhar "Gundala" Aditama dengan nomor seri TT-1207 Hawk Mk 209 satu kursi.
Henri,tanda panggilan “Tucano,” berada di Hawk Mk 109 TL-0501 dengan dua kursi bersama Anton “Tomcat” Mengko.
Kedua jet tersebut dilaporkan lepas landas sekitar pukul 09.00 untuk menerbangkan CAP di tenggara Flight Information Region (FIR), yang berbatasan dengan wilayah udara Australia di lepas Darwin, di Northern Territory negara itu.
Misi Hawk dikoordinasikan menggunakan Ground Control Interception (GCI), melalui unit radar di Kupang yang dipimpin oleh Mayor Lek Haposan.
Haposan-lah yang memberi tahu Azhar bahwa dua pesawat tak dikenal telah melintasi batas FIR Darwin pada ketinggian 8.000 kaki dan kecepatan 160 knot.
Menurut keterangan itu, operator radar kemudian meminta pemeriksaan penerbangan Hawk yang diduga helikopter, menuju Dili, ibu kota Timor Leste.
Henri meminta Azhar, pemimpin penerbangan, untuk menggunakan radarnya dan untuk memverifikasi kecepatan kontak.
Pemimpin penerbangan melaporkan kontak bergerak dengan kecepatan 150 knot, kemudian mencatat bahwa angka tersebut terus meningkat… 160, 170, 200 knot.
Pesawat tak dikenal itu sekarang berada pada jarak sekitar 80 mil dari Hawk.
Padasaat ini, tidak jelas apakah GCI masih memberikan informasi tentang kontak tersebut, atau apakah mereka dilacak menggunakan radar Azhar, yang akan berada pada batas jangkauannya.
“Mengetahui hal itu, saya langsung terbang tinggi dan mengambil posisi dogfight untuk melindungi Azhar karena saya tidak memiliki radar,” kenang Henri. "Saya ada di belakangnya."
Kedua Hawk kemudian naik ke ketinggian 28.000 kaki, dan sekarang sudah jelas kontaknya bukanlah helikopter, tetapi jet tempur.
Pemimpin penerbangan memilih mode tempur untuk radarnya dan kemudian para pejuang tak dikenal itu berbalik langsung menuju Hawk Indonesia.
Ketika kontak datang ke arah mereka, Henri menjelaskan bahwa Azhar mengidentifikasi mereka, meneriakkan “Hornet” melalui radio.
Pasangan RAAF F / A-18A / B Hornet diduga terbang dari RAAF Tindal, sebuah pangkalan di Northern Territory, dari mana kehadiran pasukan tambahan RAAF dimaksudkan untuk mencegah Indonesia memulai eskalasi militer di Timor Timur.
Menurut Henri, Azhar mengunci setidaknya satu F / A-18 sebelum Henri memperingatkannya, "Kami belum menyatakan perang!" Tampaknya Hornet tidak memasuki wilayah udara Indonesia.
Hornet kemudian berbelok kembali ke selatan menuju FIR Darwin sementara pasangan Hawkkembali ke Kupang.
Begitu mendarat, Henri mengatakan dia memerintahkan awak darat di Kupang untuk menyiapkan Hawk Mk 209 yang dilengkapi radar untuk penerbangan lain, meminta pengisian bahan bakar "panas", di mana bahan bakar dipompa ke dalam tangki saat mesin masih menyala.
Itu mustahil, tetapi, setelah dengan cepat menghabiskan secangkir teh, Henri bisa terbang di Mk 209, yang masih dipersenjatai dengan sepasang rudal udara-ke-udara pencari panas AIM-9 Sidewinder. Tidak jelas apakah dia ditemani oleh Hawk lain kali ini.
Mengudara lagi, Henri mengklaim dia segera memilih radar, tetapi ternyata tidak berfungsi.
Dia menghubungkan ini dengan tindakan penanggulangan elektronik yang jauh lebih canggih di Hornet Australia.
Para pejuang Australia kemudian dikatakan telah mendekati dalam jarak 20 mil dari Hawk Henri, ketika operator GCI di Kupang meneriakkan instruksi kepadanya.
Pada titik ini, Henri menyadari bahwa tangki drop Hawk-nya tidak mengalirkan bahan bakar dengan baik, sehingga mengganggu pusat gravitasi jet dan memengaruhi penanganannya.
Sekali lagi, pertempuran antara Hawk dan Hornet terputus, kali ini sebelum Henri melakukan kontak visual dengan jet Australia.
Henri kembali lagi ke Kupang, di mana perwira senior tampaknya memarahinya karena terlalu bersemangat untuk menghadapi Hornet.
Selama tiga hari berikutnya, pilot Hawk Indonesia tetap waspada, tetapi tidak ada lagi laporan tentang serangan udara, kata Henri.
Pilot bersiaga dari pukul 06.00 hingga 21.00, namun pada periode ini aktivitas seringkali terbatas pada menonton pesawat angkut yang datang untuk membawa bantuan ke Dili.
Sementara itu, Pasukan Internasional Timor Lorosae (INTERFET) multinasional, yang diorganisasi dan dipimpin oleh Australia, telah dikerahkan ke Timor Leste untuk membangun danmenjagaperdamaian.
Pasukan INTERFET pertama tiba di Dili pada 20 September dan, pada akhir bulan, lebih dari 4.000 tentara dikerahkan.
Pada tanggal 23 September 1999, Henri teringat sirene yang tiba-tiba terdengar lagi dan para pilot Indonesia, beberapa di antaranya baru saja memulai sholat Isya, berlari ke ruang siap sebelum melompat ke dalam mobil yang membawa mereka ke jalur penerbangan.
Kali ini, wingman Henri adalah Mayor Hasbullah, dan dia menjelaskan bahwa mereka ditugaskan untuk menangkap pesawat tak dikenal lainnya.
Henri menganggap dua Hawk Mk 209 mengudara dalam waktu 12 menit setelah peringatan berbunyi, yang membuat pengontrol di pangkalan tidak punya waktu untuk menerangi landasan.
Karena tidak ada waktu untuk pengarahan sebelum penerbangan, Henri memutuskan untuk berbicara dalam bahasa Jawa untuk menjelaskan rencana misi kepada wingman-nya, karena diharapkan Australia akan mendengarkan komunikasi mereka dan mereka mengerti bahasa Indonesia.
Henri segera menyadari bahwa Hasbullah tidak mengerti bahasa Jawa, sebelum kedua Hawk itu menuju utara.
Kemudian, menurut Henri, sebuah panggilan radio datang dari GCI di Kupang, “setengah berteriak,” mengumumkan bahwa RAAF F-111 baru saja meraung di atas pangkalan, tampaknya dari arah Dili.
Mampu kecepatan Mach 1.2 di permukaan laut, F-111 jelas jauh di luar jangkauan subsonic Hawk.
F-111, yang dikenal awak RAAF sebagai "Babi", telah dikerahkan ke RAAF Tindal pada akhir Agustus, membawa mereka lebih dekat ke Timor Leste dan target potensial Indonesia lainnya.
Jet-jet yang kuat ini kemudian siaga untuk mendukung INTERFET dengan penerbangan pengintaian dan serangan udara jika diperlukan. Dalam acara tersebut, mereka tidak pernah menjatuhkan senjata apapun karena marah.
Catatan resmi Australia mencatat bahwa beberapa serangan pengintaian RF-111C diterbangkan di atas Timor Leste antara tanggal 5 dan 9 November, meskipun dengan persetujuan Indonesia, menandai satu-satunya pekerjaan operasional armada RAAF F-111. Ini menunjukkan bahwa misi tanggal 23 September yang dilaporkan, jika memang terjadi, mungkin belum disahkan oleh Jakarta.
Terlepas dari itu, Henri dan Hasbullah kembali ke pangkalan, dengan hati-hati mencatat titik arah karena mereka tidak memiliki pengalaman terbang malam dari Kupang.
Atas tindakan mereka pada tanggal 23, kedua penerbang tersebut rupanya secara pribadi diberi selamat oleh Panglima TNI, Soni Rizani, dan kejadian tersebut menjadi berita utama nasional.
Itu adalah akhir dari periode singkat dinas tempur untuk Henri Alfiandi dan dia dipromosikan ke pangkat Mayor di akhir tahun yang sama.