Find Us On Social Media :

Bukan Arab Saudi, Justru Negara Kecil Ini dengan Berani Melakukan Negosiasi ke Israel dan Bicarakan Pembentukan Negara Palestina untuk Akhiri Peperangan, Siapa Mereka?

By Khaerunisa, Sabtu, 5 Desember 2020 | 21:05 WIB

(ilustrasi) Yerusalem.

Intisari-Online.com - Banyak negara mendukung kemerdekaan negara Palestina, termasuk Arab Saudi.

Arab Saudi berkomitmen mendukung rakyat Palestina, juga secara historis mengkritik keras Israel atas perlakuannya terhadap Palestina.

Namun, belakangan muncul pertanyan tentang apakah Arab Saudi akan mengikuti jejak beberapa negara lain yang telah menormaliasi hubungan dengan Israel.

Hal itu menyusul sikap Pangeran Bandar yang mengecam para pemimpin Palestina karena mereka mengkritik langkah perdamaian antara Israel oleh negara-negara Teluk Arab baru-baru ini, dikuti Kompas.com.

Baca Juga: Merasa Hebat, Pasukan Israel di Jalur Gaza Rupanya Paling Takut Jadi Sasaran Tembak Sayad-2, Senapan Sniper Hamas Buatan Iran

Meski Arab terus memberikan dukungan bagi kemerdekaan Palestina, rupanya justru negara ini yang baru-baru ini telah bertindak melakukan negosiasi ke Israel.

Melansir aljazeera.com (4/12/2020), Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi telah mengadakan pertemuan langka dengan mitranya dari Israel untuk mendesak dimulainya kembali negosiasi yang macet antara Palestina dan negara Yahudi.

Pertemuan hari Kamis terjadi beberapa hari setelah pemimpin Otoritas Palestina Mahmoud Abbas mengunjungi Yordania sebagai bagian dari tur Arab untuk meningkatkan dukungan bagi Palestina setelah Joe Biden memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat bulan lalu.

Selama pertemuan di Jembatan Raja Hussein (Allenby) yang melintasi antara Yordania dan Tepi Barat yang diduduki Israel, Safadi mengatakan pembentukan negara Palestina merdeka adalah kunci untuk mengakhiri konflik dengan Israel.