Find Us On Social Media :

Ketiga Gigi Bermasalah, Amankah Pergi ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19? Ini Penjelasan Dokter Gigi!

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 5 Desember 2020 | 21:00 WIB

Manfaat tanaman obat daun landep, salah satunya untuk mengatasi sakit gigi.

Intisari-Online.com – Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, kita diharapkan untuk melakukan seluruh kegiatan di rumah saja.

Tapi, bagaimana bila gigi kita bermasalah dan mengharuskan pergi ke dokter gigi?

Banyak orang mungkin merasa cemas atau takut memeriksakan gigi di tengah pandemi Covid-19.

Padahal, pemeriksaan gigi sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali untuk orang dewasa, sedangkan 3 bulan sekali untuk anak-anak.

Menanggapi hal ini, Dokter Spesialis Konservasi Gigi RSGM Soelastri UMS Solo, drg. Noor Hafida W., Sp.KG, berpendapat sebenarnya aman-aman saja bagi masyarakat untuk pergi ke dokter gigi saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Coba Perhatikan Apakah Telinga Anda Sering Berdenging? Jangan Diabaikan Karena Bisa Jadi Pertanda Lima Hal Berikut Ini!

Dia yakin sebagian besar fasilitas kesehatan (faskes) di mana tersedia dokter gigi kini sudah menerapkan atau memenuhi protokol kesehatan.

Di mana, ketika tiba di faskes, baik itu di dokter gigi praktik mandiri atau perorangan, puskesmas, klinik, maupun rumah sakit, pasien akan dilakukan pengecekan suhu tubuh dan screening Covid-19 terlebih dahulu.

Pasien, biasanya akan ditanyai apakah punya riwayat keluar kota atau tidak, kontak erat dengan pasien Covid-19 atau tidak, maupun keluhan-keluhan yang mendekati dengan gejala Covid-19.

Setelah dilakukan screening dan pengunjung dinyatakan aman atau sehat, maka dokter gigi baru akan melakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Demi Beradaptasi dengan Pandemi Covid-19, Dokter Gigi Cantik Ini Ciptakan APD 'Antimainstream' hingga Viral, Ada Filosofi Khusus di Balik Pembuatannya