Find Us On Social Media :

Hilangnya 5 Pesawat Bomber Torpedo AS di Segitiga Bermuda Tahun 1945, Meski Telah Dilakukan Pencarian Besar-besaran, Keberadaannya Tetap Jadi Misteri hingga Kini

By Tatik Ariyani, Sabtu, 5 Desember 2020 | 09:50 WIB

Peta segitiga bermuda

Intisari-Online.com - Pada 5 Desember 1945, lima pesawat bomber torpedo milik Amerika Serikat menghilang di Segitiga Bermuda.

Pukul 14.10 waktu setempat, lima pesawat bomber torpedo atau torpedo-bombers milik AS yang terdiri dari Flight 19 lepas landas dari Bandar Udara Angkatan Laut Fort Lauderdale di Florida dalam misi latihan rutin selama 3 jam, seperti melansir History.

Flight 19 dijadwalkan membawa skuadron ke timur sejauh 120 mil, ke utara sejauh 73 mil, dan menempuh 120 mil untuk kembali ke pangkalan angkatan laut.

Dua jam setelah dimulai, pemimpin skuadron melaporkan kompas dan kompas cadangan tidak dapat berfungsi, sehingga posisinya pun tidak dapat diketahui.

Baca Juga: Gunakan Masker untuk Cegah Covid-19, Tapi Ingat, Jangan Pernah Turunkan Masker ke Dagu dan Leher! Ini Akibatnya Bila Dilakukan!

Untuk diketahui, pemimpin skuadron tersebut sejatinya telah terbang di daerah tersebut selama lebih dari enam bulan. Pesawat lainnya pun melaporkan malfungsi alat yang sama.

Fasilitas radio di darat telah dihubungi untuk menemukan lokasi dari skuadron yang hilang. Namun, tidak ada yang berhasil.

Setelah lebih dari dua jam, pada pukul 18.20, terdengar sebuah transmisi radio yang terdistorsi dari pemimpin skuadron yang menyerukan anak buahnya untuk bersiap-siap pergi dari pesawat secara bersamaan karena kekurangan bahan bakar.

Beberapa stasiun radar di darat pada akhirnya mampu menunjukkan posisi Flight 19, yaitu di suatu tempat di utara Bahamas dan timur Pantai Florida.

Baca Juga: Perbandingan Pasukan Khusus AS vs Pasukan Khusus China, Sama-sama 'Beringas' Tapi Manakah yang Lebih Hebat?