Find Us On Social Media :

Pamerkan Kemampuan Ini Dihadapan Pasukan Khusus Amerika, Kopassus Pernah Bikin Jenderal Amerika Melongo bahkan Tak Berkutik Karena Takjub dengan Kemampuan Kopassus Ini

By Afif Khoirul M, Minggu, 22 November 2020 | 13:37 WIB

Kopassus.

Intisari-online.com - Ketika tahun 1980-an ABRI/TNI hendak membentuk pasukan khusus yang antara lain memiliki kemampuan antiteror, satuan pasukan khusus dari berbagai negara pun dijadikan sebagai referensi.

Dari berbagai referensi yang diperoleh seperti ilmu pasukan khusus dari Jerman (GSG-9), Inggris (SAS), pasukan khusus antiteror Angkatan Laut Prancis, dan pasukan khusus Korea Selatan.

Satuan-satuan di atas banyak mempengaruhi pembentukan pasukan khusus di lingkungan TNI.

Teknik pelatihan pasukan khusus dari sejumlah negara itu kemudian direkomendasikan oleh Asisten Intelijen Hankam/Kepala Pusat Intelijen Strategi Letjen TNI LB Moerdani untuk segera diterapkan dalam pembentukan pasukan khusus TNI di kesatuan Kopassus.

Baca Juga: Dikira Sosoknya Sederhana Karena Tinggal di Rumah Kecil, Tak Disangka Dinding Rumah Pejabat Ini Terbuat Dari Tumpukan 'Uang Haram' Hasil Korupsi, Jumlahnya Bikin Syok

Pasalnya semua teknik yang diramu dari berbagai ‘aliran’ pasukan khusus itu, diyakini mampu membentuk tiap personel pasukan khusus TNI menjadi pasukan tempur yang sangat profesional.

Profesional yang dimaksud oleh Letjen Benny adalah tiap personel pasukan khusus yang sudah terlatih baik bisa melaksanakan misinya hingga tuntas meski hanya bermodal peralatan dan persenjataan yang sangat terbatas.

Dengan kata lain kehebatan pasukan khusus tidak ditentukan oleh teknologi yang digunakan dalam pertempuran.

Melainkan, oleh kemampuan personel dalam penguasaan ilmu beladiri, penggunaan senjata tajam, dan ketrampilan penggunaan senjata api yang tidak dilengkapi teknologi serba canggih.

Baca Juga: Dijamin Jadi Presiden Rusia Seumur Hidup, Putin Mendadak Dikabarkan Akan Mundur dari Kursi Kepresidenan Tahun Depan, Benarkah?