Find Us On Social Media :

Pantas Saja Meski Disokong Kekayaan Alam Melimpah Timor Leste Tetap Susah Kaya, Kemiskinan Merajalela, Rakyat dan Pemerintahnya Saja Begini Kelakuannya, Cuma Mau Enaknya Saja

By Afif Khoirul M, Selasa, 10 November 2020 | 11:01 WIB

Pedagang aksesoris di Market Tais, di Timor Leste, Dili.

Intisari-online.com - Timor Leste merdeka dari Indonesia pada 20 Mei 2002, kini telah berusia 18 tahun sebagai negara yang meredeka.

Namun negara tersebut menyimpan banyak masalah yang tak kunjung terselesaian, yaitu menuntaskan kemiskinan, dan menyediakan lapangan pekerjaan.

Negara dengan penduduk 1.318.445 jiwa itu 96 persen di anataranya beragama katolik. Sisanya terdiri dari penganut muslim dan protestan.

Menukil UCA News, saat ditanya apakah masih ada agama asli yang dianut oleh penduduk sekitar.

 Baca Juga: Berusia 1.000 Tahun, Sumur Kuno Ini Kerap Keluarkan Suara Misterius, pas Diperiksa Ternyata Ada Ruangan Rahasia dan Banyak Benda Berharga Ini di Dalamnya

Pendeta itu menjawab, "Di sini semua orang terlahir sebagai katolik, bahkan sebelum mereka dibaptis sebagai katolik mereka telah dibabtis." 

"Jadi semua orang Timor otomatis beragama katolik," katanya.

Dili terkenal dengan patng Santo Yohanes Paulus II, yang dipandang berperan penting dalam membantu membebaskan dari cengkeraman Indonesia.

"Ketika Paus Yohanes Paulus II datang tahun 1989, kami percaya bahwa kan segera bebbas dari pendudukan Indonesia," kata seorang pemimpin komunitas dan dosen berusia 58 tahun.

 Baca Juga: Covid Hari Ini 10 November 2020: Ada 440.569 Kasus di Tanah Air, Ini Data Sebaran di 34 Provinsi, Adakah Provinsi Anda?