Find Us On Social Media :

Tanpa Menenteng Senjata, Inilah Pasukan Khusus Indonesia Berjuluk 'The Blue Jeans Soldier' yang Masuk ke Medan Tempur Timor Timur Menyamar sebagai Mahasiswa

By Khaerunisa, Senin, 9 November 2020 | 20:17 WIB

Personel The Blue Jeans Soldiers, pasukan khusus Indonesia yang terjun ke Timor Leste menyamar sebagai mahasiswa

Intisari-Online.com - Pasukan khusus Indonesia telah diterjunkan dalam berbagai misi.

Termasuk saat Indonesia melancarkan operasi militer ke Timor Leste dalam upaya mengintegrasikan wilayah tersebut ke Indonesia.

Seperti diketahui, bergabungnya Timor Leste dengan Indonesia terjadi melalui serangkaian pertempuran.

Sebelum melancarkan operasi tempur ke salah satu target, umumnya kekuatan militer di suatu negara terlebih dahulu akan dikirimkan pasukan inteijen.

Baca Juga: Inilah Joint Task Force 2, Pasukan Khusus Terbaik di Dunia yang Terkenal Hebat Tapi Selalu Kalah Pamor dari Satuan Khusus AS

Tujuan pasukan intelijen yang masuk ke daerah musuh secara diam-diam itu adalah untuk mengumpulkan informasi mengenai kekuatan tempur lawan.

Target lainnya yang diintai adalah wilayah yang akan menjadi operasi pendaratan pasukan baik dari laut maupun udara, dan berusaha membangun kontak dengan kelompok-kelompok perlawanan setempat.

Ketika militer Indonesia (ABRI) berencana akan melakukan operasi militer ke Timor Timur (sekarang Timor Leste) demi mendukung rakyat yang mau berintegrasi dengan RI, langkah awal yang ditempuh adalah melancarkan operasi intelijen terlebih dahulu.

Demi melancarkan operasi intelijen itu, Badan Koordinasi Intelijen Negara (Bakin) mendirikan semacam markas (safe house) di Motaain, Belu, NTT yang berfungsi untuk membentuk jaringan dengan kelompok-kelompok pro integrasi yang ada di Tim-Tim.