Find Us On Social Media :

Gembar-gemborkan Nada Kebencian Terhadap China Saat Lakukan Tur Asia, China Cap Menlu AS Pompeo Sebagai 'Racun' yang Perlu Diwaspadai

By Tatik Ariyani, Sabtu, 31 Oktober 2020 | 14:02 WIB

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo

Intisari-Online.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo melakukan kunjungan ke beberapa negara Asia pada 25-30 Oktober 2020.

Selama kunjungannya, Menteri Luar Negeri AS meminta bantuan dari negara-negara Asia dalam menghadapi apa yang disebutnya sebagai ancaman keamanan China.

Selama tur Asia-nya, Pompeo mengunjungi Sri Lanka, India, Maladewa dan Indonesia.

Atas kunjungannya ke beberapa negara tersebut, China pun melabeli Pompeo sebagai "racun" dan menyatakan negara-negara Asia harus "waspada terhadap" dia.

Baca Juga: Penggemar Drama Korea Pasti Tahu, Ini Dia Deretan Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Jangan Dilewatkan

Pernyataan itu keluar setelah Pompeo mengakhiri kunjungannya ke Asia di Vietnam pada hari Jumat.

Melansir Express.co.uk, Sabtu (31/10/2020), di Vietnam, Pompeo berkata: "Kami berharap dapat terus bekerja sama untuk membangun hubungan kami dan membuat kawasan ini - di seluruh Asia Tenggara, Asia dan Indo-Pasifik - aman dan damai dan sejahtera."

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengatakan dia mencari “kerjasama yang tulus” untuk mendukung kawasan yang damai dan untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi.

Menyusul kunjungan terakhir Pompeo ke Vietnam, surat kabar China The Global Times mencapnya sebagai "pengganggu" yang "menyerang China" selama tur Asia-nya.

Baca Juga: Buronannya Malah Sukses Bangun Kerajaan Judi di Asia Tenggara Bahkan Bak Jadi Warga Kehormatan, Rencana Besar Tiongkok Kuasai Dunia Lewat 'Belt and Road Initiative' Mulai Dianggap Berantakan