Find Us On Social Media :

Anak-anak Masih Belajar dari Rumah? Meski Harus Fokus, Jangan Biarkan Anak Kurang Bergerak, Ini yang Bisa Anda Lakukan

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 28 Oktober 2020 | 11:00 WIB

Ilustrasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan episode lanjutan untuk penayangan program Belajar dari Rumah (BDR) di Tahun Ajaran Baru.

Intisari-Online.com – Menjelang akhir tahun 2020, pandemi virus corona masih belum tahu kapan akan segera berakhir.

Untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 itu kita diminta untuk berdiam diri di rumah, melakukan pekerjaan kantor dari rumah dan belajar pun dari rumah.

Anak-anak Anda tentu saja masih tetap belajar dari rumah bukan?

Memasuki tahun ajaran baru di tengah pandemi yang masih berlangsung membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengambil kebijakan agar kegiatan belajar mengajar dilangsungkan tanpa tatap muka alias Belajar Dari Rumah (BDR).

Baca Juga: Membandel dan Seakan Tak Ada Habisnya , Kini Muncul 137 Kasus Baru Covid-19, China Langsung Tes 4,75 Juta Warga Xinjiang

Dalam pelaksanaanya, ketika belajar dari rumah, anak akan terfokus pada layar gadget dan akan duduk seharian, sehingga membuatnya tidak aktif bergerak.  

Bila berlangsung dalam waktu lama, cepat atau lambat tentunya akan berdampak pada kesehatan anak.

Mulai dari mata kering hingga konsentrasi menurun, karena tulang belakang menjadi tegang akibat terlalu lama membungkuk atau melengkung. Kurangnya aktivitas fisik juga dapat menyebabkan fungsi otak menurun. 

Untuk itu, sebagai orangtua, dukunglah anak untuk tetap melakukan aktivitas fisik selama menjalankan sistem pembelajaran jarak jauh. 

Baca Juga: Meski Jumlah Kasus Covid-19 Makin Banyak, Pakar Virologi Minta Pemerintah Tak Tergesa-gesa Lakukan Vaksinasi Corona, Mengapa?