Find Us On Social Media :

Australia Ketar-ketir, Pabrik Uangnya Timor Leste Makin Mesra dengan China, Demi Rebut Kembali Pengaruhnya Kembali Australia Bersumpah akan Lakukan Hal Ini di Timor Leste

By Khaerunisa, Senin, 28 September 2020 | 18:53 WIB

Ilustrasi Peta Timor Leste

Intisari-Online.com - Posisi tidak menguntungkan akan didapatkan Australia jika hubungan Timor Leste dan China semakin mesra.

Timor Leste sendiri kini diyakini hanya bisa menggantungkan harapannya pada China.

Pinjaman dari Negeri Tirai Bambu disebut menjadi satu-satunya harapan Timor Leste untuk melanjutkan megaproyek yang telah diperjuangkan Mantan Presiden Xanana Gusmao.

Proyek untuk menciptakan industri perminyakan dalam negeri yang akan menyelamatkan kelangsungan hidup Timor Leste dan mengeluarkannya dari jurang kemiskinan.

Baca Juga: Pantas Saja Timor Leste Terancam Bangkrut, Nekat Utang Rp7,4 triliun dari China Saja Hanya Untuk Sesuatu Tidak Menguntungkan Ini, Media Australia Geleng-geleng Kepala

Sementara itu, pinjaman tersebut tak akan diberikan cuma-cuma, China bisa saja mendanai proyek tersebut sebagai bagian dari persaingan geostrategisnya dengan AS.

'harga' Beijing dapat mencakup hak untuk membangun pangkalan angkatan laut China di pantai selatan Timor Leste, yang mana inilah satu hal yang paling ditakuti Australia, dikutip dari Asia Review.

Sementara itu, Senator Australia Rex Patrick mengatakan pada Februari lalu bahwa Australia harus mempertimbangkan untuk mendukung Tasi Mane untuk mencegah Timor Lorosa'e menjadi pengikut Cina.

Rupanya, Australia sendiri pernah 'bertindak' dalam upaya merebut kembali pengaruhnya di Timor Leste dari China.