Find Us On Social Media :

Hingga Tahun 2022, Ilmuwan WHO Prediksi Berlangsungnya Pemakaian Masker dan Menjaga Jarak, Sudah Selesaikan Wabah Pandemi Virus Corona?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 21 September 2020 | 16:00 WIB

Patuhi protokol kesehatan; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Intisari-Online.com – Sudah setengah tahun ini tanah air kita juga dilanda wabah pandemi virus corona.

Untuk menjaga agar tidak terkena infeksi Covid-19 kita diharapkan menerapkan protokol kesehatan apabila keluar rumah.

Namun, bila tidak ada hal yang penting sekali diharapkan kita di rumah saja untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Protokol kesehatan yang wajib diikuti adalah memakai masker, menjaga jarak satu dengan yang lain minimal satu meter, dan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir.

Baca Juga: 'Ajaibnya' Ekonomi Timor Leste, Termasuk Negara Paling Miskin, Tapi Dipastikan akan Keluar dari Pendemi Covid-19 dengan Kerusakan Paling Ringan Dibanding Negara Tetangganya

Soumya Swaminathan, seorang ilmuwan senior dan disegani di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kecil kemungkinan dunia akan kembali normal hingga 2022 karena pandemi Covid-19.

Menurut Swaminathan, banyak orang membayangkan bahwa pada Januari 2021 vaksin tersedia di seluruh dunia, dan semua akan kembali normal setelahnya.

"Sayangnya ini hanya sebuah fantasi, bukan begitu cara kerjanya."

Swaminathan yang juga kepala sains WHO menunjukkan bahwa garis waktu paling realistis menempatkan peluncuran vaksin Covod-19 selama pertengahan 2021 dan imunisasi tidak akan terjadi dalam semalam.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Kasus Harian Tertinggi, Nyatanya Indonesia Belum Capai Puncak Pandemi Covid-19, 'Kebijakan Pemerintah Sudah Bagus, Tapi...'