Find Us On Social Media :

Sudah Layakkah Masker yang Anda Pakai untuk Melawan Virus Corona? Peneliti Mengungkapkan Begini Cara Sederhana Menguji Kefektifannya, Masker Ini Paling Buruk Keamanannya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 16 September 2020 | 17:00 WIB

Sudah layakkah masker yang Anda pakai untuk menahan virus corona?

Intisari-Online.com – Sudah enam bulan wabah pandemi virus corona juga sampai ke tanah air kita.

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona kita diharapkan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan apabila keluar rumah.

Memakai masker, menjaga jarak satu sama lain, dan mencuci tangan sesering mungkin adalah protokol kesehatan yang harus diikuti.

Hingga kini masker menjadi salah satu perlengkapan yang harus selalu digunakan setiap keluar rumah, juga hand sanitizer sebagai pengganti air dan sabun.

Baca Juga: Canggih! Masker N95 Mungkin Akan Jadi Perangkat Teknologi yang Bisa di-Charge

Menurut sfcdcp.org, penggunaan masker berguna untuk mencegah penularan penyakit, mencegah iritasi, mencegah kambuhnya alergi akibat udara, juga melindungi diri dari paparan polusi udara.

Masker juga membantu membatasi penyebaran kuman, bakteri ataupun virus termasuk Covid-19 yang penularannya sulit diprediksi.

Namun seiiring dengan banyaknya permintaan, kini banyak sekali varian masker yang dibuat mulai dari masker medis hingga masker kain.

Tapi dari banyaknya varian masker tersebut rupanya kefektifannya dalam memblokir droplets atau tetesan berisi virus saat kita batuk, bersin, berbicara, atau bahkan bernapas ternyata berbeda-beda.

Baca Juga: Pandemi Belum Berakhir, WHO Kuak Cara Penyebaran Virus Corona, Beberapa Hal Perlu Kita Waspadai Dengan Ekstra