Find Us On Social Media :

Dimusuhi Banyak Negara, China Makin 'Mesra' dengan Korea Utara, Lakukan Hal Ini saat Negara Pimpinan Kim Jong-un Kewalahan Hadapi Krisis

By Khaerunisa, Kamis, 10 September 2020 | 15:15 WIB

Kim Jong Un dan Xi Jinping

Intisari-Online.com - Korea Utara tengah menghadapi krisis, berbagai kesulitan tengah dihadapi diktator Kim Jong-un.

Belum selesai rakyatnya harus menghadapi kelaparan berkaitan dengan sanksi AS dan PBB, kini Korea Utara pun dilanda bencana dari banjir hingga angin topan.

Selain itu, meski tidak ada kasus positif Covid-19 yang resmi diumumkan Kim Jong-un, namun dampak perekonomian tetap menerpa Korea Utara.

Di sisi lain, banyak pihak tak mempercayai bahwa Korea Utara bersih dari Covid-19.

Baca Juga: Sisi Lain Diktator Kim Jong-un, Fans Berat Michael Jordan, 'Ngebet' Bertemu Sang Legenda NBA hingga Lakukan Hal Ini

Kesulitan ekonomi sempat diakui Kim Jong-un beberapa bulan lalu, sebuah pengakuan kegagalan yang jarang terjadi dari pimpinan Korea Utara, mengutip Express.co.uk (9/9/2020).

Sekarang para analis mengatakan bencana ini telah meningkatkan pentingnya pendapatan dari warga Korea Utara yang beroperasi di luar negeri serta uang tunai dari kejahatan dunia maya.

Peter Ward, seorang pakar ekonomi Korea Utara di Universitas Wina, berkata: “Ini mungkin lebih buruk daripada yang telah lama terjadi.

“Hal-hal terlihat sangat, sangat buruk dan mereka terlihat seperti buruk sebelum virus corona menyerang".